Angkasa Pura 2

Jokowi: Di Atas Lahan 7.000 Ha, Pelabuhan Sorong Mulai Dibangun Juli 2015

DermagaSenin, 25 Mei 2015
tmp_17709-xlarge_FEB-ILA-ekbis-Banyak-Musuh_-Nama-RJ-Lino-Dicatut-di-Spanduk-Menteri-Maritim-RJ-Lino-saat-menemani-Jokowi-meninjau-pelabuhan-Tg.Priok-Antara-Foto586533254

JAKARTA (beritatrans.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah segera akan memulai pembangunan pelabuhan besar di Sorong, Papua. Proyek ini merupakan pelabuhan baru dengan luas mencapai 7.000 hektare.

“Juli akan bangun pelabuhan besar di Sorong. Ini pelabuhan baru, jaraknya sekitar 30 kilometer dari yang lama,” ucap Jokowi dalam forum Investasi dan perdagangan digelar Kadin Indonesia, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Menurut Jokowi, kompas.com memberitakan, di dalam pelabuhan itu akan dibangun pembangkit listrik dan kawasan industri yang terintegrasi.

Pembangunan infrastruktur di wilayah timur Indonesia terus digarap. Pekan lalu, Jokowi mengatakan, pemerintah telah melakukan ground breaking proyek pelabuhan Makassar dengan luas mencapai 2.000 ha.

“Pembangunan infrastruktur, tidak ada yang lain. Karena hanya dengan cara begini Indonesia timur akan berkembang cepat dan lebih baik,” kata Jokowi.

PINJAMAN
Sebelumnya, Direktur Utama Pelindo II RJ Lino menyatakan perusahaannya membutuhkan pinjaman sebesar US$2-3 miliar. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan pelabuhan baru di kawasan Indonesia Timur terutama Pelabuhan Sorong dan Ambon.

“Kita ingin US$ 2-3 miliar untuk perintis dan buat beberapa pelabuhan lain seperti di Sorong dan Ambon,” ujarnya di Tanjung Priok, Kamis, 21 Mei 2015. (kcm/viva).

loading...