Angkasa Pura 2

Bay: Pelabuhan Tanjung Priok Siapkan Antisipasi Angkutan Lebaran

DermagaSelasa, 26 Mei 2015
tmp_13790-20150526_151841-567514599

JAKARTA (beritatrans.com) – Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok Jakarta Utara siap mengantisipasi arus mudik Lebaran 2015 melalui kapal laut. Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok diproyeksikan terjadi tanggal 11 Juli 2015 atau sepekan menjelang Lebaran.

Demikian disampaikan Kepala OP Tanjung Priok Bay M.Hasani seusai memimpin rapat koordinasi angkutan Lebaran di kantornya, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, terkait ritual mudik Lebaran itu Kantor OP dan Kantor Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok sudah membentuk Panitia Penyelenggara Angkutan Lebaran Terpadu 2015.
“Tim terdiri dari berbagai instansi terkait baik pelayaran, operator pelabuhan serta pihak terkait lainnya,” kaya Bay lagi.

Pengalaman tahun 2014 lalu, ada 10 kapal Pelni dan 8 kapal swasta yang melayani penumpang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Mereka melayani rute dari Indonesia bagian barat sampai Indonesia timur.

“Angkutan penumpang saat mudik Lebaran akan dipusatkan di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok,” jelas Bay.

Kapasitas dermaga di Terminal Penumpang bisa melayani dua kapal sekaligus. “Jika dbutuhkan akan diatur kemudian sesuai kebutuhan,” terang Bay.

Seperti biasanya, lanjut dia, untuk moda transportasi laut sudah siap sejak H-15 Lebaran sampai H+15 Lebaran. Nanti akan digelar Apel Siaga kesiapan Ditjen Perhubungan “aut menjelang H-15 Lebaran tiba.

“Selama rentang waktu itu, seluruh personel Ditjen Perhubungan Laut termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok tak boleh cuti. Mereka harus siaga melayani warga masyarakat yang akan pulang mudik merayakan Lebaran di kampung halaman,” tukas Bay.

Khusus di hari H Lebaran, tambah Bay, pihaknya tetap buka dan siap melayani kapal dan barang serta penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Nanti akan diatur sedemikian rupa sehingga masyarakat tetap dilayani di pelabuhan. Kapal yang masuk atau meninggalkan pelabuhan termasuk penumpangnya tetap terlayani dengan baik,” tandas Bay.(helmi/awe)