Angkasa Pura 2

BP3IP Jalin Kerjasama Dengan Beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta

SDMSelasa, 26 Mei 2015
IMG_20150521_175310_edit

JAKARTA (beritatrans.com) -Kampus Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta menjalin kerja sam di bidang pendidikan dengan beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

Mereka itu antara lain STMT Trisakti dan Univeritas Negeri Jakarta (UNJ). Dalam beberapa event, BP3IP sering mengundang pimpinan keduanya. Kebetulan, Ketua STMT Trisakti adalah Dr.Ir.Tjuk Sukardiman adalah mantan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI.

“Banyak dosen dan taruna kita melanjutkan pendidikan di dua lembaga pendidikan ternama itu,” kata Kasie Kerjasama BP3IP Capt.Saidal Siburian,MM.M.Mar kepada beritatrans.com di Jakarta, Senin (25/5/2015).

BP3IP sebagai kampus pelaut membuka berbagai program pendidikan mulai kursus singkat, diklat ratting bahkan diklat pemutakhiran kompetensi pelaut. Siswa yang belajar di kampus ini bukan hanya pelaut kapal niaga tapi ada juga perwira pelaut TNI-AL.

Saat ini, lanjut Saidal, beberapa dosen BP3IP kini tengah melanjutkan studi lanjut di jenjang pendidikan strata II dan III atau program doktor. “Mereka itu berasal dari ilmu-ilmu umum, bukan kepelautan maksudnya,” jelas Saidal.

Sementara, banyak pula taruna BP3IP yang ingin melanjutkan program pendidikan di bidang transportasi banyak yang melanjutkan ke STMT Trisakti.

“Mereka bisa melanjutkan untuk mengambil program D-III atau D-IV bahkan S-I transportasi,” papar Saidal.

Menurut Saidal, jika akan mengambil program doktor dengan spesialisasi bidang transportasi juga ada di STMT. “Kedua kampus ini memang membuka program studi yang serumpun,” papar Saidal.

Pokoknya banyak pilihan studi yang bisa dikerjasamakan. “Untuk program transportasi yang paling banyak ke STMT. Sebaliknya, jika ingin mendalami tentang pendidikan atau MM atau program manajemen SDM banyak melanjutkan ke UNJ,” tandas putra Batak itu.(helmi)