Angkasa Pura 2

Kemacetan Lalin Pantura Bergeser, 60% Pemudik Akan Melintasi Tol Cikapali

Aksi Polisi KoridorSelasa, 26 Mei 2015
Condro kirono

JAKARTA (beritatrans.com) – Mabes Polri memperingatkan potensi terjadinya kemacetan parah saat masa angkutan Lebaran Tahun 2015. Meski pengguna kendaraan akan melintas tol Cikapali, tapi ruas jalur Pantura masih tetap padat.

Prediksi soal kemacetan yang parah akan berpindah dari Pantura Jawa Barat ke daerah Brebes, tegas, Pemalang dan selanjutnya. Para pengguna kendaraan pribadi tentu lebih suka melintasi jalan tol Cikapali ini.

Namun, bukan berarti ruas jalan di simpang Jomin, Mutiara dan daerah sekitar Cikampek akan bebas macet selama arus mudik Lebaran. “Para pengguna sepeda motor masih akan memadati ruas jalan pantura,” Kakorlantas Irjen Pol Condro Kirono di Jakarta Selasa (26/5/2015).

Kondisi tersebut makin parah jika Pemda Jawa Barat dan Jawa Tengah belum menyiapkan antisipasi dengan baik, terutama jalur alternatif yang akan dilalui arus mudik, selain jalan utama Pantura Jawa.

Sementara, manajemen PT Jasa Marga Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) diprediksi menjadi pilihan utama para pemudik nanti. Kemacetan pun di jalur Pantura pun akan berkurang. Tapi, tetap saja jalur Pantura tak akan sepi, pemotor dan truk akan memenuhi ruas itu di musim mudik.

“Sebanyak 60 persen masih akan lewat Pantura, motor-motor masih lewat sana,” kata Kabid Pelaksanaan Bina Marga Triono Junoasmono, Senin (25/5/2015).

Chondro mengatakan, pergeseran kemacetan itu karena lepas dari Tol Cikapali, kepadatan diprediksi terjadi di Pejagan. Kemacetan mungkin akan lebih parah dari Jomin dan Cikopo.

“Karena pas belok ke kiri ada rel kereta, terus di Bumiayu masih ada betonisasi,” sambung Jenderal Bintang 2 itu.

Saran Chondro, bagi para pemotor yang melintas di Pantura tetap harus hati-hati. Mungkin jalur yang lengang dari musim mudik biasanya, dan keinginan cepat sampai kampung membuat Anda tak hati-hati. Jangan ngebut dan tetap waspada.(hel/dtc)