Angkasa Pura 2

KA Perintis Kertalaya Murni Produk Anak Bangsa

EmplasemenRabu, 27 Mei 2015
Ka Perintis Kertalaya MoU

JAKARTA (beritatrans.com) – Kereta Api (KA) perintis di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggunakan menggunakan produksi dalam negeri. SDM yang mengoperasikan semua anak bangsa sendiri.
“Sarana yang digunakan untuk KA angkutan perintis tersebut dengan menggunakan 1 (satu) train set Railbus. KA tersebut diberi nama KA Kertalaya,” kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko.

“Sarana itu disediakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang diproduksi oleh PT. INKA (Persero) yang diberikan nama KA Kertalaya. Ini salah satu contoh bagus, KA perintis dengan menggunakan produksi anak bangsa sendiri,” jelas Hermanto.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub menyampaikan Dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan sangat dibutuhkan guna tetap menjaga kehandalan Sarana Railbus Kertalaya ini serta menghimbau agar Perawatan sarana Railbus yang merupakan Kepemilikan Pemerintah Daerah dapat terprogram dengan baik dan kondisi sarana yang beroperasi harus tetap memperhatikan Standar Pelayanan Minimum yang sudah ada.

“Kerja sama ini diharapkan dapat dijadikan salah satu payung hukum untuk pelaksanaan Kontrak Penyelenggaraan Subsidi Angkutan Kereta Api Perintis Tahun Anggaran 2015 pada lintas pelayanan Kertapati – Inderalaya ini,” tandas Hermanto.

Selanjutnya, tambah Dirjen, KA Railbus itu juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan masyarakat khususnya mahasiswa di lingkungan Universitas Sriwijaya Palembang dapat menggunakan jasa layanan angkutan KA dengan nyaman, aman, dan tarif yang terjangkau.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari