Angkasa Pura 2

Jelang Libur Panjang, Bandara Soetta Dipadati Calon Penumpang

BandaraFriday, 29 May 2015

TANGERANG (beritatrans.com) -Jumat sore atau akhir pekan menjelang libur panjang menjadi saat paling padat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang Baten. Hampir semua tempat mulai Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soetta padat calon penumpang.

Seperti diketahui, hari Selasa (2/6/2015) pekan depan adalah Hari Waisyak, yang merupakan hari libur nasional. Bagai sebagain karyawan dimanfaatkan untuk mengambil cuti sekalian.

Selain itu, pada bulan Sya’ban oleh sebagian umat Islam dimanfaatkan untuk silaturahmi dan ziarah kubur ke makam keluarganya. Tak aneh jika volume penumpang pesawat terbang di Bandara Soetta sangat padat.

Pantauan beritatrans.com di Bandara Soetta, Jumat (29/5/2015) siang, baik terminal keberangkatan atau kedatangan sangat ramai. Bahkan, kendaraan yang akan keluar atau masuk area parkir, harus antre.

Bus DAMRI yang sudah mempunyai trayek tetap bahkan mempunyai shelter dan terminal dedicated di Bandara Soetta tak lepas dari dampak kepadatan ini.

Rony, awak bus DAMRI Bandara membenarkan ramainya penumpang di Bandara Soetta sore ini. Pekan depan ada libur nasional yang jatuh pada hari Selasa. “Jadilah mereka pada cuti dan bepergian di akhir pekan ini,” terang dia.

“Arus penumpang dan kendaraan yang masuk lebih ramai dari biasanya, bahkan kita antre sejak mau membayar tol bandara. Kasus serupa juga terjadi setelah masuk terminal I Bandara Soetta,” papar Roni lagi.

Melihat kondisi kepadatan di Bandara Soetta, Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mendesak pemerintah dan PT Angkasa Pura II segera mempercepat pembangunan dan perluasan Bandara Soetta khususnya pembangunan Terminal 3.

“Arus penumpang pesawat terbang yang tinggi akan selalu terjadi di akhir pekan atau saat libur panjang. Semua itu bisa diatasi dengan Management yang baik dan penambahan kapasitas Bandara Soetta,” kata Tulus sebelumnya.

“Pembangunan Terminal 3 harus cepat selesai. Jika mungkin, penambahan run way 3 di Bandara Soetta dipercepat pembangunannya. Jika tidak, kepadatan penumpang akan selalu terjadi bahkan padat,” tandas Tulus.(helmi)