Angkasa Pura 2

Terminal 1,2, dan 3 Bandara Soetta Akan Dihubungkan Oleh Kereta Tanpa Masinis

BandaraKamis, 4 Juni 2015
AGT

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Angkasa Pura II berencana akan mengoperasikan kereta tanpa masinis atau Automated Guideway Transit (AGT) untuk menghubungkan antara Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Alat transportasi berbasis jalan rel ini ditargetkan sudah dapat beroperasi pada 2016 mendatang.

Demikian diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Budi mengatakan, alat transportasi dengan menggunakan teknolgi AGT ini persis seperti seperti yang digunakan oleh Bandara di Singapura, Malaysia, dan bandara-bandara besar di dunia.

Budi mengaku, awalnya PT Angkasa Pura II akan menggunakan monorel sebagai moda penghubung antar terminal Bandara Soetta yang berjarak total sekitar 3 kilometer itu. Tetapi monorel dinilai kurang fleksibel dan aman jika dibandingkan dengan kereta tanpa masinis itu.

Budi memperkirakan biaya pembangunan AGT tersebut mencapai Rp1 Triliun. Meskipun demikian sumber dananya berasal dari internal, bukan pinjaman dari pihak lain.

“Mudah-mudahan (AGT) sudah dapat beroperasi di akhir tahun 2016. Saat ini kami sedang mempersiapkan lelang untuk pembangunan fisiknya,” ujar Budi Karya. (aliy)

loading...