Angkasa Pura 2

Catur: API Madiun Gaet Len Industri Genjot Kualitas Pendidikan

Emplasemen SDMJumat, 5 Juni 2015
IMG_20150605_135248_edit_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun Jawa Timur akan menjalin kerja sama dengan beberapa BUMN dan BUMD terkait peningkatan pendidikan serta penyerapan lulusan pendidikan API.

“Kita akan bekerja sama dengan PT Len Industri, PT MRT Jakarta, PT INKA Madiun dan PT Kereta Api Indonesia. MoU akan diteken Jumat tanggal 12 Juni 2015 mendatang oleh para pihak,” ujar Direktur API Madiun Drs.Catur W kepada beritatrans.com di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Menurutnya, kerja sama itu meliputi pemanfaatan bersama fasilitas pendidikan untuk taruna baik di Len, MRT Jakarta, KAI dan INKA.

“Bisa juga nanti kita mengundang tenaga ahlinya untuk mengajar di API. Atau nanti kita menempatkan taruna API untuk magang atau praktik di perusahaan mereka,” jelas Catur.

Dikatakan, saat ini permintaan tenaga ahli di bidang kereta api makin tinggi di Indonesia. Belum lagi beberapa daerah yang kini tengah membangun jaringan KA seperti Sulawesi, Aceh dan Kalimantan serta Papua.

Oleh karena itu, menurut Catur, API Madiun harus mampu menyiapkan SDM unggul dengan pengalaman lapangan yang tinggi. “Kita MoU dengan sejumlah stakeholder KA dalam kaitan peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan API nanti,” papar dia.

API tambah Catur, komitmen untuk meningkatkan proses pendidikan dan kualitas alumni yang dihasilkan. “Untuk itu, kebutuhan akan fasilitas pendidikan, dan mutu lulusan sekaligus penempatan mereka setelah lulus nanti,” tegas Catur.(helmi)

loading...