Angkasa Pura 2

STIP Jakarta Segera Miliki Kapal Latih Taruna

SDMJumat, 5 Juni 2015
IMG_20150603_083401_edit

JAKARTA (beritatrans.com) -Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta akan mendapatkan satu kapal latih untuk taruna. Kapal tersebut akan digunakan sebagai kapal latih dan langsung dioperasikan untuk melayani masyarakat daerah terpencil.

“Kapal itu diproyeksikan akan jadi dan bisa dioperasikan April 2017,” kata Ketua STIP Jakarta, Capt.Arifin Soenardjo kepada beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, jika dibutuhkan bisa saja kapal latih itu dioperasikan untuk pelayanan ke masyarakat yang membutuhkan. “Misalnya, untuk membantu angkutan Lebaran kapal latih itu bisa dioperasikan di rute Jakarta-Cirebon-Tegal-Semarang dan balik kembali ke Jakarta,” jelas Arifin.

Di masa angkutan Lebaran, menurut Arifin, kebutuhan jasa angkutan dari Jakarta ke daerah sangat tinggi. Kalau mengandalkan jalan darat, kereta api atau pesawat terbang, berat dan potensi kemacetannya tinggi.

“Jika kita sudah mempunyai kapal latih bisa saja dioperasikan untuk melayani arus mudik. Soal biaya operasi bisa dibicarakan nanti,” papar Arifin.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH,M.Si, mengatakan pihaknya tinggal menunggu persetujuan anggaran multiyears dari Kementerian Keuangan sebelum lelang tender.

“Kita ingin secepatnya lelang tender, untuk pengadaan 6 kapal latih dan 51 pesawat latih untuk taruna,” kata Tommy.

Dari 6 kapal latih tersebut, menurut Tommy, salah satunya akan ditempatkan di STIP Jakarta. “Kapal latih tersebut dirancang khusus untuk latih layar taruna sekaligus pelayanan publik. Kapal tersebut akan disediakan space khusus untuk 60 taruna latih dan selebihnya bisa digunakan untuk pelayanan ke masyarakat,” tegas Tommy.(helmi)