Angkasa Pura 2

Ratusan Pengendara Motor Daftar Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

DermagaSabtu, 6 Juni 2015
Mudik motor gratis

JAKARTA (beritatrans.com) – Peminat mudik gratis pengendara sepeda motor menggunakan kapal Laut tampaknya tetap tinggi. Buktinya hingga hari kelima pendaftaran atau hari Jumat (5/6/2016) sudah nyaris 200 orang yang mendaftar. Itu pun pendaftarannya baru via online alias tidak langsung ke pos pendaftaran di Kementerian Perhubungan.

“Soalnya pendaftaran langsung melalui pos pendaftaran kita rencanakan baru akan dibuka pada 15 Juni mendatang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Bobby R Mamahit kepada beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (6/6/2015).

Dirjen Bobby mengatakan, pada angkutan Lebaran tahun 2015 ini pihaknya menyediakan empat kapal laut untuk mengangkat para pemudik yang menggunakan motor. Ini merupakan penambahan dari tahun sebelumnya yang hanya menyediakan dua kapal laut. Penambahan kapal ini terkait dengan target penambahan pemudik motor gratis hingga 10.000 orang.

“Lebaran tahun lalu kan kita berhasil memberangkatkan sekitar 5.000 pemudik motor gratis. Tahun ini kami coba tingkatkan kapasitas kapal untuk dapat mengangkat 10.000 pemudik,” ujarnya.

Tujuan mudik gratis kapal laut tahun ini pun bertambah menjadi dua yaitu ke Semarang dan Surabaya. Lebaran tahun sebelumnya hanya untuk tujuan Semarang, Jawa Tengah.

Bobby kembali menegaskan bahwa mudik gratis bagi para pengguna sepeda motor ini banyak manfaatnya. Selain dapat meminimalisir kecelakaan di jalan raya juga bisa membuat mudik lebih nyaman.

“Semuanya kan ditanggung pemerintah, mulai dari tiket, konsumsi, kesehatan, hiburan, dan lain-lain. Pemudik tinggal membawa badan saja,” tuturnya.

Sementara itu, Humas Kementerian Perhubungan Muhammad Kodri mengatakan, total pendaftar mudik gratis via online hingga tanggal 4 Juni kemarin sudah mencapai 1.445 orang.Jumlah itu untuk pemudik gratis yang menggunakan moda kereta api, bus, dan kapal Laut. (aliy)

loading...