Angkasa Pura 2

Dir KPLP: Modus Pelanggaran Hukum di Laut Semakin Canggih

Dermaga SDMSelasa, 9 Juni 2015
IMG_20150609_090354

BATAM (beritatrans.com) – Modus yang dilakukan para pelanggar hukum di laut semakin canggih dan bervariasi. Sehingga untuk mengungkapnya membutuhkan para penyidik yang mumpuni dan memiliki kualitas dan kapabilitas yang semakin tinggi juga.

“Di era sekarang ini di mana teknolgi informasi semakin berkembang, para pelanggar peraturan hukum di laut pun semakin pintar,” kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Pranyoto kepada beritatrans.com usai membuka kegiatan penyuluhan dan bimbingan terhadap Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di lingkungan Ditjen Hubla di Batam, Senin (9/6/2015).

IMG_20150609_091506_edit_edit

Pranyoto mengatakan, agar PPNS dapat menegaskan hukum di laut maka kemampuan mereka pun harus terus ditingkatkan.

“Terutama strategi penyidikan yang efektif dan efisien serta mampu menghadapi berbagai modus pelanggaran,” ujarnya.

Pranyoto menegaskan, Kementerian Perhubungan tidak akan mentolelir setiap pelanggaran yang terjadi di perairan Indonesia. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sehingga kedaulatan maritim tidak bisa ditawar-tawar.

“Untuk itulah para penyidik kita dibekali berbagai ilmu agar dapat menegakkan berbagai peraturan yang terkait dengan pelayaran,” katanya. (aliy)