Angkasa Pura 2

PIP Semarang Paling Tinggi Peminatnya

Pekan Terakhir, Ada 21.811 Pendaftar Sipencatar BPSDM Perhubungan

SDMSelasa, 9 Juni 2015
tommy dan taruna pusdikif

JAKARTA (beritatrans.com) –Masa pendaftaran seleksi penerimanan calon taruna (sipencatar) transportasi Badan Pengembangan SDM Perhubungan tahun 2015 sudah memasuki pekan terakhir setelah diperpanjang sampai tanggal 12 Juni 2015 mendatang. PIP Semarang masih menjadi kampus yang paling tinggi diminati calon taruna transportasi di Tanah Air.

Data yang dihimpun beritatrans.com di BPSDM Perhubungan per 8 Juni 2015, tercatat ada 21.811 calon taruna yang mendaftar ke panitia penyelenggara dan melengkapi berkas administrasinya. Mereka mendaftar di 27 lokasi di seluruh Tanah Air terutama di kampus-kampus BPSDM Perhubungan dan Dians Perhubungan yang ditunjuk di Indonesia.

Beberapa kampus favorit yang paling banyak menerima pendaftaran adalah PIP Semarang sebanyak 3.041 orang, ATKP Surabaya sebanyak 2.391 orang, PIP Makassar sebanyak 2.065 orang, STTD Bekasi sebanyak 2.097 orang, STIP Jakarta sebanyak 1.793 orang, API Madiun sebanyak 1.757 orang, STPI Curug sebanyak 1.725 orang, Poltekpel Surabaya sebanyak 874 orang, BP2TD Palembang sebanya 769 orang.

Selaian itu masih banyak lagi kampus yang menerima pendaftaran taruna meski angkanya lebih kecil dibandingkan di atas. Sementara, masa pendaftaran sipencatar masih dibuka sampai 12 Juni 2015 mendatang. Jadi, masih ada potensi akan bertambah lagi peserta sipencatar yang akan diterima panitia.

“Masa pendaftaran sengaja diperpanjang untuk memberikan kesempatan bagi putra-putri Indonesia untuk mendaftar dan menjadi taruna transportasi berbagai moda transportasi baik laut, darat, udara serta kereta api,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH,M.Si kepada beritatrans.com di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Dikatakan kampus-kampus favorit bisa dilihat dari tingginya peminat yang mendaftar serta kuota yang akan mereka tarima. “Tapi, secara umum sekolah transportasi laut yang paling banyak menerima taruna, baik jurusan nautika atau teknika. Dua jurusan itulah yang paling banyak dibutuhkan perusahaan pelayaran di dalam atau luar negeri,” jelas Tommy.

Selanjutnya, tes potensi akademik (TPA) akan dilaksanakan serentak, Selasa tanggal 16 Juni 2015 di masing-masing kampus atau tempat pendaftaran yang sudah ditentukan. “Bagi peserta yang lolos TPA, akan mengikuti seleksi tahap berikutnya baik tes kesehatan, sikap dan mental atau psikologi sebelum diterima menjadi calon taruna transportasi,” sebut Tommy.

“Peluangnya sangat besar untuk menjadi taruna transportasi sesuai jurusan yang ada dan diminati. Tapi, perlu diingat hanya putra terbaik negeri ini yang akan diterima di program studi (prodi) yang ada dan ditawarkan,” tegas Tommy.(helmi).