Angkasa Pura 2

Pesawat Malaysia Airlines Mendarat Darurat Akibat Mesin Keluarkan Api

KokpitJumat, 12 Juni 2015
malayasia airlines

MELBOURNE – Pesawat komersial Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH148 dilaporkan melakukan pendaratan darurat di Bandara Melbourne, Australia, sekitar pukul 15.00 waktu Australia (sekira pukul 12.00 WIB).

Pesawat Malaysia Airlines MH148 terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mesinnya terlihat mengeluarkan api. Pesawat itu diberitakan telah mendarat dengan selamat sekitar pukul 15.00 waktu Australia (atau pukul 12.00 WIB), hanya berselang 45 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Tullamarine di Melbourne. Pesawat itu diberitakan berputar-putar di atas Bandara Tullamarine berkali-kali sebelum akhirnya mendarat darurat.

“Kami memberikan pengarahan lalu lintas udara. Tim penyelamat sudah bersiap-siap di bandara. Pada dasarnya, ada kerusakan mesin sehingga pesawat membuang bahan bakarnya dan melakukan pendaratan darurat,” tutur juru bicara dari Airservices Australia.

“Pesawat itu berhasil mendarat dengan selamat beberapa menit sebelum pukul 15.00 waktu Australia,” ungkap Juru Bicara Bandara Melbourne, Anna Gillett kepada AFP, seperti dikutip Telegraph, Jumat (12/6/2015).

“Kami telah menyediakan kontrol lalu lintas udara melalui air traffic control (ATC) saat MH148 meminta untuk melakukan pendaratan darurat. Pilot pesawat itu meminta panduan pendaratan darurat karena melihat salah satu mesin pesawat mengeluarkan api,” sambungnya.

Gillett menambahkan, sesaat setelah pilot pesawat berhasil melakukan pendaratan darurat, pemadam kebakaran Melbourne sudah bersiaga di sekitar landasan pacu. Beruntung, insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan luka-luka.

Hingga berita ini ditayangkan, otoritas berwenang Malaysia Airlines belum memberikan pernyataan apa pun atas insiden tersebut. (anky).