Angkasa Pura 2

Tol Cipali Masih Minim Rambu Lalu Lintas dan Tak Rata

KoridorRabu, 17 Juni 2015
IMG_20150616_181142

JAKARTA (beritatrans.com) – Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (13 Juni 2015), ternyata masih sangat minim berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan berkendara.

Beritatrans.com berkesempatan menjajal langsung jalan tol yang dibangun sejak pemerintahan Presiden SBY itu pada Selasa (16/6/2015) mulai dari gate tol Cikopo (Purwakarta) hingga gate tol Subang dengan jarak sekitar 40 kilometer. Total panjang jalan tol Cipali sendiri mencapai 116 kilometer.

IMG_20150616_174302_edit

Berdasarkan pengamatan beritatrans.com dari mulai gate tol Cikopo hingga gate tol Subang, masih sangat sangat minim rambu lalu lintas, penerangan jalan, dan fasilitas lainnya, termasuk pembatas jalan.

Bahkan kondisi jalan pun dirasa masih kurang bagus karena tidak rata dan bergelombang. Bila dibandingkan dengan tol Jakarta-Cikampek, tingkat kerataan jalan atau International Roughness Index (IRI) tol Cikopo-Palimanan terasa kualitasnya jauh ada di bawah. Sehingga beritatrans.com merasa seperti berkendara di atas jalan dengan banyak polisi tidur.

Padahal sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan tingkat kerataan jalan tol Cipali sudah bagus.

“Tingkat kerataan, bagus. IRI di atas 2 persen, hampir 3 persen,” kata Basuki saat meninjau Tol Cipali, Selasa (2/6/2015).

Fasilitas rambu-rambu jalan pun terlihat masih sangat kurang. Bahkan bila berkendara di malam hari harus lebih ekstra hati-hati karena penerangan jalan pun sangat minim. Selain itu beberapa rest area masih belum bisa dimanfaatkan karena pengerjaannya belum selesai.

Meskipun demikian, terlihat banyak pengendara yang mencoba jalan tol terpanjang di Indonesia itu. PT Lintas Marga Sedaya sebagai operator proyek jalan tol memang tengah melakukan uji joba selama satu minggu sejak peresmian Sabtu (13/6/2015) lalu. Pihak operator pun menggratiskan tarif masuk hingga Jumat (19/6/2015) atau selama tujuh hari sejak peresmian. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari