Angkasa Pura 2

Kemenkeu Serahkan Aset Bandara Malikussaleh Kepada Pemkab Aceh Utara

BandaraMinggu, 21 Juni 2015
tmp_913-92-761588637

BANDA ACEH (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemeneterian Keuangan (Kemenkeu), Hadiyanto, menyerahkan aset Bandara Malikussaleh dari Menteri Keuangan kepada Pemkab Aceh Utara.

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Keuangan Banda Aceh itu, Selasa (16/6/2015), Kemenkeu juga menyerahkan aset sekolah yang dibangun PT Arun kepada Pemerintah Aceh dan sebidang tanah untuk Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hadiayanto mengatakan, setelah penyerahan itu, pihaknya berharap aset tersebut dapat berjalan lebih baik dari sebelumnya. Ketiga aset itu diserahkan ke daerah, menurutnya, antara lain karena masa operasional PT Arun sudah berakhir.

Dia mengemukakan jika tidak secepatnya diserahkan kepada pemerintah setempat, kelanjutan pengoperasian dan pemeliharan bangunan itu bisa tak berlanjut. Padahal, aset itu sangat berharga bagi penerimanya.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib mengatakan, untuk pengelolaan aset itu pihaknya akan membentuk unit pelaksana teknis kegiatan derah (UPTD). “UPTD lah yang nanti mengelola dan memelihara aset Bandara Malikussaleh,” ujarnya.

Sekda Aceh, Dermawan mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kemenkeu yang sudah menyerahkan aset-aset itu ke daerah. Sebab, menurutnya, ketiga aset itu sangat berharga dan dibutuhkan masyarakat. “Aset sekolah itu akan kita jaga dengan baik, karena akan memberi manfaat yang besar bagi peningkatan mutu pendidikan di Aceh Utara, Lhokseumawe, dan sekitarnya,” ungkap Sekda.

Terkait Bandara Malikussaleh, Dermawan menyarankan pada Bupati Aceh Utara agar secepatnya membentuk UPTD. Sehingga ada satu badan yang mengurusnya dengan baik. Soal fasilitas bandara, Dermawan mengatakan, perlu terus ditingkatkan, terutama mengenai pengamaman di lapangan.

“Tidak boleh ada ternak yang berkeliaran dalam bandara, terutama di lapangan pacu. Keamanannya harus benar-benar dijaga dengan biak dari gangguan ternak dan lainnya. Begitu juga gedung dan ruang tunggu penumpang harus selalu dijaga kebersihannya,” pungkasnya.(her)

loading...