Angkasa Pura 2

Balitbanghub Gaet 11 Perguruan Tinggi Ternama Gelar Lomba Penelitian Transportasi

LitbangSelasa, 23 Juni 2015
Balitbanghub elly

JAKARTA (beritatrans.com) –Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan menjalin kerja sama dengan 10 kampus di seluruh Indonesia untuk menggelar lomba penelitian transportasi tahunn2015.

Lomba penelitian dengan tema “Efisiensi Biaya Logistik Melalui Transportasi Multimoda” itu membuka pendaftaran sampai 15 Agustus 2015. Peserta cukup mendaftar secara online ke http://lombabalitbanghub.dephub.go.id. Selanjutnya, hasil penelitian dan persyaratan lainnya bisa dikirim ke panitia penyelenggara secara online dan dijamin gratis.

Kepala Balitbanghub Dr.Elly A.Siaga didampingi Sekretaris Balitbanghub Ir.Adolf Tambunan, M.Sc kepada beritatrans.com di Jakarta, Senin (22/6/2015) mengatakan, peserta bisa juga datang langsung ke 10 kampus yang ditunjuk di seluruh Tanah Air. “Kita sudah menjain kerja sama dengan mereka untuk menggelar lomba penelirian di tingkat regional, sebelum maju lomba ke tingkat nasional di Jakarta,” kata dia.

Perguruan tinggi mitra Balitbanghub itu adalah Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, untuk wilayah Aceh, Sumut, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi. Kedua, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, untuk peserta dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Banga Belitung.

Ketiga, Sekolah Tinggi Manajemen Transport (STMT) Trisakti Jakarta unuk wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sedang Univeritas Indonesia (UI) Depok akan menjadi tempat pelaksanaan loba terakhir di tinkat nasional. Keempat Universitas Airlangga (Unair), untuk wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kelima, Univerifas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, untuk wlayah Jawa Tengah, dan Daerah istimewa Yogyakarta. Keenam, Univerias Tanjung Pura (Untan) Pontianak, untuk wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Ketujuh, Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar, untuk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulaweai Barat, dan Sulawesi Tenggara. Kedelapan, Universitas Sam Ratuangi (Unsrat) Manado, untuk wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo. Selanjutnya, Univesitas Pattimura (Unpatti) untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara. Dan, Univeritas Cendrawasih (Uncen) Jayapura, untuk wilayah Papua dan Papua Barat.

Adolf menambahkan, peserta lokal akan disaring oleh panitia lokal dan peserta harus mempresentasikan hasil penelitiannya di masing-masing kampus tempatnya mendaftar. “Bagi pemenang terbaik I, II dan III akan disertakan ke lomba tingkat nasional di UI Depok,” papar dia.

Para pemenang di tingkat regional itu sudah mendapatkan hadiah, dan uang saku plus tiket ke Jakarta. “Selanjutnya, bagi pemenang lomba di tingkat nasional, akan menerima hadiah, masing-masing Rp20 juta untuk pemenang I, Rp15 juta untuk pemenang II dan Rp10 juta untuk pemenang III,” terang Adolf.

Dia menambahkan, hadiah utama lomba penelitian transportasi untuk pemenang I, II dan III akan mendapatkan hadiah Transport Education Trip ke Jepang. Selain itu, mereka akan menerima piala Adi Citra Tata Wahan Nusantara, penghargaan tertinggi di bidang penelitian dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.(helmi)

loading...