Angkasa Pura 2

Diduga Korupsi Jalur DAMRI Kabid Dishub Papua Ditahan

Koridor KPKRabu, 24 Juni 2015
Bus Damri

PAPUA (beritatrans.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jayapura menahan Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Provinsi Papua yang berinisial ST. Ia ditahan karena diduga terlibat korupsi dana APBD sebesar Rp963 juta yang dialokasikan untuk subsidi angkutan.

“Penahanan itu dilakukan setelah Kejari menyatakan berkas perkara kasus korupsi subsidi angkutan darat sudah lengkap,” ujar Kepala Kejari Jayapura Tumpak Simanjuntak, Rabu (24/6/2015).

Seperti dikutip okezone, Tumpak menambahkan, modus korupsi itu berupa proyek pengadaan rute angkutan fiktif. Dana subsidi dikucurkan untuk pengadaan rute yang seharusnya dilayani bus Damri, ternyata tidak terealisasi sementara dananya tetap dicairkan.

Polres Jayapura yang mendapat laporan korupsi itu langsung mengembangkannya. Setelah berkas perkaranya selesai dibuat, kasus itu langsung diserahkan kepada Kejari untuk kemudian disidangkan di pengadilan. “Tersangka ST sendiri kini ditahan di Lapas Abepura,” tutur Tumpak.

Sebelumnya, tersangka lain dalam kasus tersebut, yakni mantan Kepala Perum Damri Jayapura yang berinisial IM, mengatakan, ST memang terlibat proyek pengucuran subsidi trayek Damri itu. Adapun rute atau trayek yang diduga fiktif yakni jurusan Jayapura – Wembi, Jayapura – Senggi, Jayapura – Tarsia, Jayapura – Takar, dan Jayapura – Wakde.(zal/okz)

loading...