Angkasa Pura 2

Denny Siahaan: Data Hasil Litbang Itu Mahal Harganya

LitbangKamis, 25 Juni 2015
IMG_20150625_090948_edit

JAKARTA (beritatrans.com) -Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dan Komersialisasi Hasil Litbang Menuju PNBP”.

FGD digelar Aula Balitbanghub, Jakarta Rabu (25/6/2015). FGD ini menghadirkan beberapa nara sumber baik Direktorat PNBP Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Ristek dan PT.
Diskusi dipandu moderator Dr.Denny Siahaan, Peneliti Utama dan mantan Kepala Balitbanghub RI.

FGD ini dimaksudkan untuk mencari format dan cara inovasi untuk menarik PNBP khususnya dari hasil Litbang Balitbanghub khususnya terkait masalah transportasi.

Menurut Denny, Balitbang memiliki banyak hasil kajian dan penelitian bidang transportasi. “Semua itu bisa diberdayakan untuk menghasilkan PNBP. Hasil litbang adalah data dan analisa dan itu mahal harganya,” katanya menjawab beritatrans.com.

IMG_20150625_094631

Jika yang butuh data-data hasil penelitian itu masih selevel mahasiswa untuk penulisan skripsi atau thesis, bisa dimaklumi kalau gratis.

“Tapi untuk konsultan profesional jika butuh data dan hasil litbang, tentu harus membayar. Apalagi hasilnya akan masuk ke PNBP, ke kas negara juga,” tegas Denny.(helmi)