Angkasa Pura 2

Elly: PNBP Balitbanghub Bukan Untuk Mematikan Tapi Membina Dunia Usaha

Another News LitbangKamis, 25 Juni 2015
IMG_20150625_103441_edit

JAKARTA (beritatrans.com) -Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) bukan untuk mencari laba, tapi sekedar mengamankan penerimaan negara. Penarikan PNBP harus tetap menjaga iklim investasi dan pengembangan dunia usaha.

“PNBP harus tetap memperhatikan banyak faktor, termasuk perkembangan ekonomi dan dunia usaha,” kata Kepala Balitbanghub Dr.Elly Andriani Sinaga di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Menurutnya, tak ada niat bagi Pemerintah termasuk Kementerian Perhubungan untuk menarik PNBP secara besar-besaran. “Tapi, Kemenhub dan Balitbanghub harus menerapkan UU dan PP tentang PNBP,” kata Elly.

Oleh karena itu, menurut dia, perlu dicari format yang tepat. Poin apa saja yang bisa dikenakan PNBP, dan berapa besaran tarifnya. “Prinsipnya kita harus mencari win win solution,” papar Elly.

IMG_20150625_103449

Sementara, Kasubdit Penerimaan PBNP Kementerian Keuangan John David S mengatakan, untuk menetapkan besaran PNBP harus mempertimbangkan banyak faktor, baik sosial, ekonomi, politik dan hankam.

“Pungutan PNBP jangan hanya berfikir hepeng, hepeng dan hepeng. Tapi bagaimana dengan PNBP bisa mengamankan keuangan negara tapi dunia usaha bisa tetap berkembang kondusif,” kata John lagi.

Oleh karena itu, dalam diskusi di Balitbanghub, John mengusulkan hendaknya hati-hati memilih dan menetapkan besaran tarif PNBP.

“Semua harus untung dan tidak boleh keluar dari koridor hukum yang ada. Jangan sampai ada yang dikalahkan, sehingga pemerintah bukan membina tapi membinasakan,” tegas John.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari