Angkasa Pura 2

Elly Sinaga: Balitbanghub Akan Melakukan Penelitian Teknologi Terapan

LitbangKamis, 25 Juni 2015
IMG_20150625_094642_edit

JAKARTA (beritatrans.com) -Kepala Badan Litbanh Perhubungan (Balitbanghub) Dr.Elly Andriani Sinaga mengatakan, sesuai PP No.11/2015 tentang PNBP memungkinkan Balitbang melakukan penelitian mengenai teknologi terapan dan rekayasa sehingga bisa dijual secara komersial.

“Ke depan, Balitbanghub akan melakukan penelitian mengenai teknologi bahkan bekerja sama dengan istansi lain seperti BPPT, Kementerian Ristek dan PT dan lainnya. Selanjutnya hasil litbangwool bisa dijual dan diaplikasikan oleh kalangan industri atau dunia usaha,” kata Elly saat memberikan pidato pengantar pada Focus Group Discussion (FGD) tentang Komersialisasi Hasil Litbang di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Selama ini, Balitbanghub menggelar litbang terkait kebijakan khususnya di bidang transportasi. “Ke depan, kita akan mengarah ke penelitian teknologi terapan sehingga bisa dijual dan menghasilkan uang,” papar Elly.

Sesuai arahan Menhub Ignasius Jonan, semua kegiatan yang dibiayai dengan APBN termasuk di sektor litbang harus mampu menghasilkan uang dalam bentuk PNBP. “Oleh karena itu, semua pengguna hasil litbang harus membayar ke negara dalam bentuk PNBP,” terang Elly.

Masih menurut Menhub, seru Elly, Balitbanghub tak boleh sembarang atau melakukan kegiatan penelitian sesuai kemauan. “Lakukan penelitian sesuai dinamika dan kebutuhan di lapangan khususnya sektor industri,” urai Elly yang didampingi seluruh Kapuslibang Perhubungan itu.

Dibawah kepemimpinan Menhub Jonan, tambah dia, semula lembaga atau instansi harus menghasilkan uang dalam bentuk PNBP. “Dengan begitu, kita dipacu untuk melakukan penelitian terapan yang bagus dan bisa dijual untuk PNBP,” tegas mantan Direktur BSTP itu.(helmi)

loading...