Angkasa Pura 2

Hari Ini Menhub Jonan Resmikan Operasional Terminal Baru Bandara Abdul Rachman Saleh

BandaraKamis, 25 Juni 2015
Bandara Abdul Rachman Saleh_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Setelah dioperasikan secara terbatas sejak 28 Mei 2015 lalu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meresmikan operasional terminal baru Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur secara penuh mulai hari ini, Kamis (25/6/2015).

“Sekitar pukul 15.00 WIB Pak Menhub akan resmikan terminal baru Bandara Abdul Rachman Saleh,” kata Humas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M Kodri kepada beritatrans.com.

Terminal baru bandara yang menjadi enclave sipil ini dibangun sekitar empat tahun lalu dan baru diuji coba pada 28 Mei 2015 lalu. Peresmian soft opening itu dilakukan oleh Menhub Jonan bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Pembangunan terminal baru yang dapat menampung sekitar 900 penumpang itu seluruhnya dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Timur sebesar Rp41 miliar.

Terminal baru ini posisinya persis di sebalah kiri gedung terminal lama yang saat ini difungsikan untuk terminal kedatangan. Sedangkan terminal keberangkatannya menggunakan gedung yang baru itu.

Abdul Rachman Saleh merupakan bandara yang berada di bawah pengelolaan Pemprov Jawa Timur, bukan Kementerian Perhubungan maupun PT Angkasa Pura. Pemprov Jawa Timur sengaja membentuk unit pelaksana teknis (UPT) khusus untuk mengelola bandara sipil yang berada di kawasan militer itu. (aliy)