Angkasa Pura 2

Uji Petik Ketiga, Ditjen Hubla Masih Temukan 5 Kerusakan di KMP Kirana II

DermagaKamis, 25 Juni 2015
IMG_20150625_120406

MERAK (beritatrans.com) – Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melakukan uji petik yang ketiga kalinya terhadap Kapal Motor Penumpang (KMP) Kirana II milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Kamis (25/6/2015).

Pemeriksaan kali ini sebagai tindak lanjut pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya yang telah dilakukan sebanyak dua kali yaitu masing-masing pada tanggal 11 dan 18 Juni 2015.

“Pemeriksaan yang ketiga kalinya ini merupakan fase penindakan,” kata Astri Ningsih salah seorang Marine Inspector Ditkapel.

Hasil uji petik pertama Tim Marine Inspector menemukan 28 item yang harus diperbaiki oleh KMP Kirana II. Pada uji petik ketiga ini ternyata dari 28 temuan, lima temuan diantaranya belum diperbaiki. Artinya baru 23 temuan yang ditindaklanjuti.

“Sesuai arahan pimpinan, kami berikan waktu hingga H-9 Lebaran 2015 agar kelima temuan tersebut harus sudah selesai diperbaiki dan dilaporkan ke pusat,” kata Astri.

Adapun kelima temuan yang masih harus diperbaiki itu adalah Life Jacket belum semua dilengkapi whistle dan lampu, Thermometer Exhaust rusak, Techometer dan pressure gauge rusak, manometer untuk kompresor nomor 2 rusak, dan lashing kendaraan yang tidak sesuai tempatnya.

“Kelima item di atas harus sudah selesai diperbaiki dan dilaporkan ke pusat pada H-9 dengan bukti-bukti perbaikannya. Artinya proses perbaikannya harus sudah selesai sebelum tanggal itu,” katanya.

Astri menegaskan, bila selama tenggang masa perbaikan kelima item temuan itu belum juga diperbaiki, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas.

Selain memeriksa kelaikan KMP Kirana II, Marine Inspector juga akan memerika kelaikan kapal Jagantara yang juga beroperasi di lintasa Merak- Banten – Bakauheni Lampung.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ditkapel Ditjen Hubla melakukan uji petik serentak di 13 pelabuhan di Indonesia. Uji petik tersebut dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pertama fase evaluasi. Uji petik ketiga merupakan fase peringatan. Sedangkan uji petik ketiga merupakan fase penindakan.

Uji petik ini dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan pelayaran. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri mendatang. (aliy)