Angkasa Pura 2

Ke Balitbanghub DPRD dan Pemprov Yogyakarta Ingin Susun Perda Sistrawil

LitbangJumat, 26 Juni 2015

JAKARTA (beritatrans.com) -Kepala Badan Litbang Perhubungan Dr.Elly Andriani Sinaga didampingi Sesbalitbang Ir.Adolf Tambunan menerima kunjungan dan audiensi delegasi DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Dishub DIY untuk konsultasi penyusunan sistem transportasi wilayah (sistrawil) Yogyakarta.

Audiensi dilakukan di Ruang Utama Balitbanghub, Jakarta, Jumat (26/6/2015). Banyak hal dibahas dan dikonsultasikan terkait rencana DPRD dan Pemprov DIY menyusun dan meningkatkan status sistrawil menjadi Perda.

“DPRD dan Pemprov DIY bermaksud meningkatkan sistrawil menjadi peraturan daerah (Perda), sehingga mempunyai kekuatan hukum dan politik yang lebih kuat,” kata Elly kepada beritatrans.com, di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, Pemprov DIY khususnya Kota Yogyakarta harus mempunyai sistrawil yang baik, berwawasan ke depan. “Transportasi wilayah di Yogkarta harus bisa mengintegrasikan antara moda kereta api (KA), bus dan pesawat udara atau bandara,” jelas Elly.

Dprd diy

Seperti diketahui, perkembangan kota Yogyakarta sangat pesat, baik sebagai kota wisata dan kota pelajar. Implikasinya, jika tak segera ditata dan dikelola dengan baik akan macet dan itu bisa kontraproduktif.

“Oleh karena itu, Balitbanghub menyambut gembira dan siap memberikan pendampingan jika dibutuhkan dalam proses penyusunan Perda Sistrawil tersebut,” tanda Elly lagi.

Ke depan, sistem dan tatanan transportasi wilayah di DIY harus menjadi lebih baik. Tidak macet, aman, lancar dan selamat. “Oleh karenanya, butuh perencanaan yang bagus sekaligus payung hukum yang jelas,” tegas Sesbalitbang Adolf Tambunan menambahkan.(helmi)

loading...