Angkasa Pura 2

Perpustakaan “Harta Karun” Balitbanghub Yang Perlu Diberdayakan

LitbangMinggu, 28 Juni 2015
Adolf dan hadi - Copy

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Penelitian Dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) mempunyai perpustakaan yang lengkap dan modern. Perpustakaan ini dibangun sejak tahun 1982 sampai 2015 ini memiliki koleksi sebanyak 7.159 judul buku serta 2.166 e-book atau keping CD/ DVD.

“Perpustakaan ini merupakan “harta karun” Balitbanghub yang perlu segera dimanfaatkan, baik bagi mahasiswa, peneliti serta warga masyarakat lain yang membutuhkan,” kata Sekretaris Balitbanghub Ir. Adolf R.Tambunan, M.Sc ketika dihubungi beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Perpustakaan Balitbanghub berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur No.5 Jakarta Pusat. Perpustakaan dibuka untuk umum setiap jam kerja dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga masyarakat. “Secara umum, koleksi buku-buku di Perpustakaan Balitbanghub meliputi; Studi Penelitian dan Pengembangan mengenai transportasi darat, laut, udara, kererta api dan multimoda transportasi,” kata Adolf.

“Koleksi lainnya adalah berbagai literatur mengenai transportasi seluruh moda di Tanah Air dan dunia, Koleksi refensi mengenai UU dan Peraturan Pemerintah (PP) dan produk turunannya terkait transportasi,” kata Adolf.

Selain itu, dia menambahkan, Perpustakaan Balitbanghub juga memiliki berbagai koleksi terbitan berkala baik majalah, jurnal dan berbagai karya ilmiah dari Balitbanghub, serta pakar dan kalangan perguruan tinggi ternama di Tanah Air. “Tak kalah menariknya adalah koleksi e-book dalam bentuk CD/ DVD dan lainnya,” tadas Adolf.

Perpus Balitbang

Perustakaan Balitbanghub dilengkapi ruang baca yang luas dan dilengkapi AC. Selain itu berbagai layanan seperti sikulasi, foto copy, penelusuran informasi, layanan e-book, layanan internet hotspot atau WiFi. Pengunjung perpustakaan juga mendapatkan akses e-journal international, locker dan keanggotaan yang bisa dimanfaatkan secara lebih luas.

Adolf juga menambahkan, selama ini Perpustakaan Balitbanghub sudah banyak dimanfaatkan baik kalangan internal, mahasiswa terutama mereka yang menekuni program studi transportasi, termasuk peneliti dan konsultan nasional dan international.

“Mereka sudah memanfaatkan jasa Perpustakaan Balitbanghub dengan murah dan mudah. Ke depan, pelayanan ke amsyarakat khususnya pengunjung Perpustakaan Balitbanghub akan terus ditingkatkan. Yang pasti, “Harta Karun” yang dimiliki Balitbanghub itu harus lebih diberdayakan dan dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Tanah Air,” tegas Adolf.(helmi)

loading...