Angkasa Pura 2

Selama Lebaran, PT Pelindo III Sediakan Bus Gratis untuk Penumpang Pelni

DermagaMinggu, 28 Juni 2015
tmp_32569-20150624_235852-1266472806

Surabaya (beritatrans.com) – Selama masa angkutan Lebaran 2015, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyediakan bus gratis untuk para pemudik yang menggunakan kapal Pelni. Bus-bus tersebut disediakan bagi penumpang kapal Pelni yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabayaimur dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

“Biasanya mudik gratis dilakukan untuk pengendara sepeda motor, tapi kami mengadakan program berbeda dan kini untuk penumpang kapal laut Pelni. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka program Mudik Bareng BUMN secara gratis yang digagas oleh Kementerian BUMN,” kata Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya, Jatim, Minggu (28/6/2015).

Menurut dia, lebih dari 5.000 orang pemudik kapal laut Pelni yang berlabuh dari Pelabuhan Kumai, Sampit, dan Balikpapan di Kalimantan serta Pelabuhan Makassar di Sulawesi akan di antar langsung oleh Pelindo III sampai ke beberapa kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

Untuk itu, pihaknya menyediakan bus gratis di dua kota keberangkatan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

“Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1436 H atau tanggal 10 hingga 16 Juli 2015,” ujarnya.

Untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, jelas dia, akan melayani sejumlah rute ke sejumlah kota di Jawa Timur. Rute tersebut antara lain Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

“Khusus Pulau Madura tersedia rute Sampang-Pamekasan-Sumenep,” tuturnya seperti dilansir Antara.

Kemudian, tambah dia, untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang terdapat beberapa rute ke sejumlah kota di Jawa Tengah. Di antaranya rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute Pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang.

“Seluruh peserta mudik gratis itu dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III,” tambahnya.

Ia menyebutkan, pendaftaran program mudik bareng Pelindo III tersebut dibuka mulai tanggal 3 Juli 2015 hingga kuota terpenuhi. Mereka dapat mendaftar melalui posko pendaftaran di terminal penumpang kapal laut di Pelabuhan keberangkatan pemudik.

“Seperti Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Sampit, dan Pelabuhan Kumai. Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri dengan membawa tiket kapal Pelni dan bukti identitas diri,” paparnya.

Program itu, lanjut dia, juga bekerja sama dengan Pelindo IV terutama pelabuhan keberangkatan di Pelabuhan Makasar dan Pelabuhan Balikpapan. Selain itu PT Pelni selaku operator kapal penumpang dan penyediaan armada bus oleh Perum Damri.

“Beberapa kapal penumpang Pelni yang para penumpangnya turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya akan di antar ke beberapa kota di Jawa Timur. Meliputi Kapal Dobonsolo, Tidar, Gunung Dempo dari Pelabuhan Makasar, Kapal Awu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dari Pelabuhan Balikpapan dan Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Sampit,” pungkasnya. (aliy)