Angkasa Pura 2

Elly Sinaga: Litbang Laut Harus Tinggalkan Jejak

LitbangSelasa, 30 Juni 2015
Balitbanghub-elly

JAKARTA (beritatrans.com) — Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Harry Boediarto Soewarto diharapkan bisa menuntaskan penyusunan Masterplan Pelabuhan yang sudah dimulai pendahulunya.

Diungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan Dr. Elly Andriani Sinaga saat serah terima jabatan dari pejabat lama Ir. Kemal Heryandri, Dipl. Eng bahwa apa yang sudah dilakukan Kemal bisa dituntaskan.

“Pak Kemal juga baru 3-4 bulan di Litbang tapi apa yang ditinggalkan dan sudah dilakukannya bersama teman-teman di Litbang Perhubungan laut menjadi isu hangat di Kementerian,” jelas Elly, Senin (29/6).

Setidaknya, lanjut Elly, ada dua hal yang optimis bisa dilakukan Kapuslitbang Perhubungan Laut yang baru yakni menuntaskan penyusunan masterplan pelabuhan yang diharapkan 2016 sudah tersusun. “Masterplan ini bisa mendukung kapabilitas teman-teman di Laut.”

Dan yang kedua yang harus diprioritaskan soal angkutan laut yang jadi masalah tersendiri.

Masalah angkutan itu, kata Elly, sangat banyak dan butuh penyelesaian segera. “Misalnya soal angkutan perintis, meski sudah ada review tapi terus dievaluasi kedepannya seperti apa.”

Hal lainnya yakni soal proyek liners sebagai cikal bakal tol laut. “Untuk proyek ini sudah ada konsepnya, tapi belum berlanjut. Nah sangat mungkin butuh bantuan Litbang Laut. Pokoknya tidak ada yang tidak bisa dihasilkan oleh Litbang Laut. Meski rencana kerja pendek, namun hasil karyanya harus meninggalkan jejak,” tegas Elly. (fenty)