Angkasa Pura 2

Menhub Ignasius Jonan

Pemerintah Pastikan Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2015

Bandara Dermaga KoridorSelasa, 30 Juni 2015
IMG_20150630_122257_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah bersama pihak terkait siap menggelar Angkutan Lebaran Nasional Terpadu Tahun 2015. Seluruh sektor sudah melaporkan kesiapan masing-masing dan H-7 Lebaran semua sudah siap di lapangan.

Demikian terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2015 di Kementerian Perhubungan, Jakarta Selasa (30/6/2015). Dalam rakor yang dipimpin Menhub Ignasius Jonan itu, seluruh sub sektor transportasi baik darat. laut, udara dan kereta api (KA) melaporkan siap mengakut arus mudik ke berbagai daerah di Tanah Air.

“Secara prinsip kita siap, baik armada angkutan, infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, bandara dan lainnya,” kata Menhub Jonan.

Seperti diketahui Kemenhub menyiapkan 35 bandara baik yang dikelola sendiri atau BUMN PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II. Sementara, utuk moda darat yang akan dipantau secara efektif selama arus mudik ada 31 terminal Tipe A di 17 provinisi di Indonesia serta puluhan pelabuhan laut di terutama Belawan, Batam, Bintan, Kijang, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Sampit, Balikpapan, Soekarno-Hatta Makassar dan lainya.

Sementar untuk moda kereta api, disipkan semua siap baik di delapan daerah operasi (daops) di Jawa serta dua devisi regional (divre) di Sumatera. Mereka siap beroperasi dengan dukungan armada serta SDM di lapangan.

“Seluruh infrastruktur transportasi baik darat, laut, udara dan kereta api sudah siap dilalui arus mudik mulai H-7 Lebaran. Besuk Kamis 2 Juli 2015 akan digelar apel siaga untuk memastikan semua siap melayani arus mudik,” jelas Jonan.

Rest Area Tol Cipali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono menambahkan, seluruh jalan nasioal tengah dipersiapkan untuk siap dilalui arus mudik. Sampai H-7 Lebaran, semua jalan nasional dinyatakan siap dilalui arus mudik. “Kalau masih ada proyek pengerjaan jalan yang belum selesai, akan dihentikan dulu,” kata dia.

Terkait ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terus dilakukan pembenahan dan penyempurnaan. Pekan ini, sebanyak delapan rest area di jalur A (Jakarta-Cirebon) dan Jalur B (Cirebon-Jakarta) sudah siap digunakan para pemudik. “Mereka bisa melintas dan istirahat di rest area dengan fasilitas lengkap mulai musholla, toilet, kantin dan lainnya,” sebut Basuki.

Dia menambahkan, rambu-rambu lalu lintas di ruas tol Cipali juga akan dilengkapi pekan ini. Untuk rua tertetu akan dipasang pagar dan ditambah rambu-rambu betas kecepatan maksimal di to Cipali.

“Dengan penambahan rambu-rambu dan rest area di sepanjang rua tol Cipali, diharapkan warga yang melintas bisa lebih enak, nyaman dan selamat. Sejauh mungkin diupayakan jangan sampai terjadi kecelakaan,” tegas basuki.(helmi)