Angkasa Pura 2

Jasa Marga Usul Tahun Ini Bangun Tol Cikampek II

KoridorKamis, 2 Juli 2015
jalan tol

JAKARTA(beritatrans.com) — PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengharapkan pemerintah menetapkan rencana pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II dengan investasi sekitar Rp9 triliun pada tahun ini.

Pembangunan dinilai mendesak mengingat lalu lintas di jalan bebas hambatan Jakarta-Cikampek saat ini sudah padat sehingga dibutuhkan alternatif lain.

“Untuk membangun tol Jakarta-Cikampek II sedikitnya butuh waktu 3-4 tahun. Bila pemerintah tidak menetapkan rencana tol yang diperkirakan sepanjang 64 kilometer (km) itu pada 2015 ini, dikhawatirkan ide tersebut bakal terlambat direalisasikan,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga Adhityawarman, kemarin.

Ia menjelaskan, jalan tol Jakarta-Cikampek sepanjang 72 kilometer yang ada saat ini sudah dipadati pada empat lajur (4×2).

“Jalan tol Jakarta-Cikampek macetnya sangat parah. Dari kilometer 0 hingga kilometer 31 itu bisa sampai lima jam. Makanya, kami menginisiasi untuk membangun disamping lajur tol Jakarta-Cikampek yang ada saat ini,” katanya.

“Jalan tol Jakarta-Cikampek macetnya sangat parah. Dari kilometer 0 hingga kilometer 31 itu bisa sampai lima jam.”

Dia mengaku, Jasa Marga merupakan salah satu inisiator atas rencana pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II.

Adapula satu investor lainnya yang turut menginisiasi pembangunan jalan bebas hambatan ini.

Sebelumnya, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto menyatakan, untuk menetapkan rencana pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II, pemerintah menunggu ketertarikan dari sejumlah investor.

Saat ini, PT Jasa Marga sudah menyatakan kesiapan dan sudah ada satu investor lainnya.

Menurut Hediyanto, Jasa Marga bisa mendapatkan return match dalam membangun jalan tol Jakarta-Cikampek II, lantaran menjadi pemrakarsa pembangunan tol tersebut.(fenty)