Angkasa Pura 2

Jet Tempur Rusia Sering Provokasi Pesawat Swedia

KokpitKamis, 2 Juli 2015
tmp_7915-Russian_Air_Force_Sukhoi_T-50_Aoki-2-386x256-1677395374

LONDON – Jet tempur milik Rusia kembali membuat ulah. Pilot jet tempur Rusia tampil agresif dengan terbang dekat dengan pesawat milik Swedia. Bahkan, beberapa kali mereka melepaskan tembakan flare ke arah pesawat Swedia.

Panglima Tertinggi Sverker Goransson mengatakan, dalam sebuah seminar di Pulau Gotland, Swedia, Rusia sering melakukan pelanggaran ketika pesawat militer berpapasan di udara.

Dia memberikan contoh termasuk pesawat Rusia melanggar formasi, terbang pada jarak yang tidak aman dan menggunakan “penanggulangan yang berbentuk logam” dari pesawat Swedia.

Militer Swedia menegaskan, sedang berbicara tentang flare yang dirancang untuk mengalihkan rudal masuk. Goransson mengatakan, langkah tepat untuk menghentikan agresi Rusia adalah dengan memberikan sanksi tingkat tinggi. Jika tidak, mereka akan terus bertindak seperti ini.

NATO juga sedang mempertimbangkan bagaimana merespons ancaman yang dilakukan secara berani dan agresif oleh Rusia. 28 anggota sekutu NATO akan bertemu di London, pekan ini. Mereka akan membahas operasi maritim yang dilakukan Rusia.

“Maritim internasional Rusia terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir khususnya sejak krisis Ukraina pecah pada 2014,” kata Komandan Umum NATO, Adrian Bradshaw, seperti diberitakan News.com.au, Kamis (2/7/2015).

“Federasi Rusia membayangi dan mungkin mengumpulkan intelijen dari Angkatan Laut anggota NATO di Baltik, Atlantik, Laut Tengah dan Laut Hitam, dengan menggunakan metode yang dapat dianggap berani dan kadang-kadang agresif,” sambungnya. (anky).

loading...