Angkasa Pura 2

Pemilik & Nakhoda Kapal Feri Tenggelam Jadi Tersangka Pembunuhan

DermagaSabtu, 4 Juli 2015
tmp_7174-20150704_212414870808316

MANILA (beritatrans.com) – Kepolisian Filipina menetapkan pemilik kapal feri Kim Nirvana sebagai tersangka pembunuhan. Dakwaan dilontarkan setelah kecelakaan yang menewaskan 56 orang.

Kapal Kim Nirvana itu membawa 173 penumpang ketika terbalik di perairan di luar Pelabuhan Ormoc, pada Kamis (2/7/2015). Kesalahan manusia dan kelebihan muatan dianggap sebagai penyebab kecelakaan ini.

Namun laporan menyebutkan bahwa pemilik kapal menolak bahwa kapalnya itu kelebihan muatan. Sementara menurut kapten kapal, gelombang tinggi menyebabkan kapal terbalik.

Sebanyak 19 orang didakwa atas kecelakaan ini, termasuk pemilika Joge Bong Zarco dan nakhoda Kapten Warren Oliviero.

“Mereka tidak hati-hati, menunjukkan ada niat untuk membunuh. Mereka sangat ceroboh,” ujar pihak kepolisian Asher Dolina, seperti dikutip AFP, Sabtu (4/7/2015).

Menurut Dolina, penyelidikan awal menunjukkan bahwa kapal itu terbalik saat melakukan belokan tajam. Ini yang memicu pendakwaan pembunuhan terhadap pemilik kapal.

Kapal feri itu bergerak dari Pulau Camotes di Provinsi Cebu dengan tujuan Leyte. Tiba-tiba di tengah perjalanan kapal dikabarkan dihantam badai dan akhirnya terbalik.(ani).