Angkasa Pura 2

Sugeng Wibowo: 30 Kapal Disiapkan Angkut Pemudik Di Pelabuhan Semayang

DermagaSabtu, 4 Juli 2015
tmp_9568-15082012788761-1146209195

BALIKPAPAN (beritatrans.com) – Sebanyak 30 kapal disiapkan di Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk mengangkut para pemudik yang ingin pulang kampung merayakan Idul Fitri 1436 Hijriyah atau lebaran tahun ini.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semayang, Sugeng Wibowo di Balikpapan, Kamis, memperkirakan sekitar 37.000 penumpang mudik dari Balikpapan menuju ke sejumlah kota di Jawa, Sulawesi, dan timur Indonesia lainnya akan melalui Pelabuhan Semayang.

“Kami siapkan armada dengan 30 kapal dan melayani 160 perjalanan,” katanya.

Kapal-kapal tersebut mulai dari milik PT Pelni hingga kapal-kapal penumpang milik perusahaan pelayaran swasta, seperti PT Dharma Lautan Utama dan PT Prima.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang kapal laut akan terjadi sepekan sebelum tanggal 17 Juli atau hari pertama Idul Fitri tahun ini.

Jumlah 37 ribu penumpang adalah perkiraan lonjakan sebanyak 10 persen dari peristiwa mudik tahun lalu. Pada Idul Fitri sebelumnya, sebanyak 33 ribu lebih penumpang memilih mudik lewat Pelabuhan Semayang.

Sugeng Wibowo juga menegaskan, selama Idul Fitri ini tidak ada yang karyawan yang libur ataupun cuti. KSOP Semayang juga bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, Direktorat Polisi Perairan Polda Kaltim, dan unit-unit medis, ambulan, sampai Balai Karantina.

“Kami juga siap menambah armada kapal seandainya diperlukan,” kata Sugeng.

Di sisi lain, Sugeng menyebutkan termasuk yang ditekankan oleh para petugas adalah lolosnya para penumpang yang berusaha naik ke kapal tanpa tiket. Sejumlah petugas akan berjaga untuk mencegah kapal kelebihan penumpang yang bisa membahayakan pelayaran.

Sugeng Wibowo menambahkan, berdasar informasi Balai Meterologi Geofisika dan Klimatologi Balikpapan, kondisi cuaca di laut ke arah timur Indonesia cukup bersahabat musim ini meski ada hujan. (ant).

loading...