Angkasa Pura 2

Jarak Tempuh Jakarta-Brebes 3,5 Jam

Pertamina Ubah Pola Suplai BBM Mulai H-7

KoridorMinggu, 5 Juli 2015
spbu

JAKARTA (beritatrans.com) — Operasional tol Cikopo-Palimanan (Cipali), membuat perjalanan dari Jakarta-Brebes hanya membutuhkan waktu 3,5-4 jam. Karenanya PT Pertamina (persero) mengubah pola suplai BBM di SPBU mulai H-7 Lebaran.

Waktu tempuh kendaraan yang melalui jalan tol Cipali lebih singkat hingga separuhnya jika harus melalui jalur Pantura.

Pada arus mudik Lebaran yang diperkirakan mulai padat pada H-10 Lebaran, kepadatan arus lalu lintas akan padat berada di pintu keluar tol Pejagan dan pintu keluar tol Brebes Timur.

“Karena sekarang waktu tempuh Jakarta-Brebes kurang dari empat jam. Kami akan mengubah pola suplai BBM di SPBU mulai H-7 Lebaran,” ujar Operation Head Terminal BBM Tegal, Bimo Sagus Ariyanto, akhir pekan lalu.

Pasalnya, pengalaman tahun lalu kendaraan pemudik baru masuk Tegal pada pagi hari, tapi kemungkinan pada arus mudik tahun ini pada malam hari sudah mulai masuk Brebes.

“Karena sekarang waktu tempuh Jakarta-Brebes kurang dari empat jam. Kami akan mengubah pola suplai BBM di SPBU mulai H-7 Lebaran.”

Karena itu, pihaknya menyuplai BBM di SPBU di pagi dan ditambah malam hari atau menyesuaikan kondisi. Kendati demikian, Bimo memprediksi estimasi permintaan BBM pada arus mudik dan balik lebaran akan terjadi pada H-3, H-2, H-1, H+2 dan H+3 lebaran. “Kami prediksikan di hari-hari itu kenaikan permintaan BBM mencapai 50-60 persen dari hari biasanya,” jelas dia.

Sementara itu, teminal BBM Tegal akan menempatkan kios-kios BBM di antara SPBU di sepanjang jalur Pantura, Tengah dan Selatan pada H-7 Lebaran. Rencananya, kios-kios akan menjual BBM jenis Pertamax dalam kemasan yang berisi 5 liter hingga 10 liter.

“Kios-kios BBM khusus Pertamax ini sebagai antisipasi jika pengguna jalan kehabisan bahan bakar di tengah-tengah perjalanan. Penempatan kios BBM ini akan kami tempatkan diantara SPBU satu dengan SPBU sebelahnya.” (fenty)

loading...