Angkasa Pura 2

Bekas Pesawat Tempur PD II Dilelang Rp51 Miliar Lebih

KokpitSenin, 6 Juli 2015
Spitfire_Mk_1A

Balai lelang Christie, London, berniat melelang satu unit pesawat tempur bekas perang dunia ke II (PD II) pada 9 Juli mendatang. Harga yang ditawarkan 4,9 miliar Dollar AS atau sekitar Rp51 miliar lebih.

Pesawat tempur Spitfire Mk1 P9374 merupakan salah satu dari dua pesawat sejenis yang tersisa setelah perang dunia II beakhir.

Seperti dilansir news.com.au, tidak kurang dari 22.000 pesawat jenis ini dibuat oleh pemerintah Ingris untuk memperkuat pertahankan dan serangan udaranya, terutama saat menghadapi Perancis. Pada tahun 1940 pesawat ini jatuh ditembak tentara Perancis di Pelabuhan Dunkirk.

Kolektor seni asal Amerika Serikat, Thomas Kaplan, mendandani kembali pesawat jenis itu dengan melibatkan sedikitnya 12 insinyur penerbangan selama tiga tahun. Dan pada September 2011, pesawat tempur yang sudah nyaris jadi rongsokan itu bisa diterbangkan lagi dengan sentuhan nilai seni tinggi.

Kaplan berniat, hasil lelang pesawatnya akan didonasikan ke Britain’s Imperial War Museum di Duxford dan beberapa yayasan lainnya. (aliy)