Angkasa Pura 2

Pakar: Perhatikan Kengerian Pengguna Sepeda Motor Jangan Hanya Tol Cipali

KoridorSenin, 6 Juli 2015
laka sepeda motor

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah jangan terlalu fokus dengan layanan arus mudik lewat Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Namun jalan pantura juga tetap jadi perhatian. Pemerintah memprediksikan penggunaan sepeda motor masih akan meningkat pada arus mudik Lebaran 2015 nanti.

“Kengerian pemudik sepeda motor berkendara jangan luput perhatian. Semua harus diperhatikan jangan sampai jatuh korban lebih banyak khususnya pengguna sepeda motor untuk perjalanan mudik saat Lebaran nanti,” kata pakar transportasi Unika Soegijopranoto Djoko Setijowarno, di Jakarta, Senin (6/7/2015).

Dengan berkurangnya mobil pribadi di pantura, beralih ke Tol Cipali, menurut Djoko, dapat mengurangi kepadatan pantura. “Namun perilaku sepeda motor ngebut harus dikendalikan,” jelas dia.

Diprediksikan, pada musim mudik Lebaran tahun 2015 ini, sepeda.motor jenis matik banyak digunakan. “Sepeda motor jenis ini paling mematikan (fatal) jika terjadi kecelakaan,” papar Djoko.

Fakta membuktikan, pengguna sepeda motor matik paling banyak menjadi korban kecelakaan di jalan raya. Paling tidak jika dibandingkan dengan fatalitas pengguna kendaraan roda dua lainnya.

“Oleh karena itu, pemerintah, khususnya penegak hukum dan regulator bisa bersikap tegas, mengatur dan mengendalikan penggunaan sepeda motor termasuk untuk mudik Lebaran. Jangan sampai jatuh korban lebih banyak lagi,” tegas Djoko.(helmi)