Angkasa Pura 2

Selama Ramadan, Konsumsi Ikan Naik 20%

Kelautan & PerikananSenin, 6 Juli 2015
ikan

JAKARTA (beritatrans.com) — Direktur Jenderal Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut P. Hutagalung, mengungkapkan, selama Ramadan rata-rata konsumsi ikan masyarakat mencapai 31 ribu ton per hari.

Dia mengatakan, jumlah tersebut meningkat 20 persen dari kebutuhan rata-rata pada bulan lainnya, yaitu 26 ribu ton per hari.

“Karenanya, selama Ramadan hingga H+7, kebutuhan ikan nasional diperkirakan sebanyak 1,18 juta ton. Sementara itu, diprediksi ketersediaan ikan nasional selama Ramadhan hingga H+7 sebanyak 1,25 juta ton,” kata Saut di kantornya, Senin (6/7).

“Karenanya, selama Ramadan hingga H+7, kebutuhan ikan nasional diperkirakan sebanyak 1,18 juta ton.”

Kini, pasokan ikan di beberapa kota besar cukup aman, termasuk di kota-kota besar yang bukan produsen utama ikan, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Hingga jelang Lebaran, pasokan ikan diperkirakan tidak kekurangan.

Namun, karena banyak nelayan yang tidak melaut, pasokan ikan laut diperkirakan menurun. Tapi, tidak perlu khawatir, keadaan itu sudah diantisipasi oleh para suplier dan ritel modern, dengan menyetok persediaan sepekan hingga sebulan untuk kebutuhan menjelang dan sesudah Lebaran.

“Di beberapa daerah, turunnya pasokan ikan laut diantisipasi dengan substitusi pasokan dari ikan budidaya,” kata dia.(fenty)