Angkasa Pura 2

Lebaran Makin Dekat, Bisnis Rental Mobil Di Bekasi Lesu

Koridor OtomotifRabu, 8 Juli 2015
mobil rental pemudik

BEKASI (beritatrans.com) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang tinggal hitungan hari, sejumlah pelaku usaha bisnis rental mobil terlihat sepi. Biasanya musim mudik merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh para pengusaha rental mobil untuk meraup banyak keuntungan.

Kondisi tersebut dikarenakan beberapa faktor, di antaranya dengan banyaknya mobil yang di jual dengan uang muka ringan menjelang Lebaran ini , sehingga berdampak kepada sepinya bisnis rental mobil.

Rino (39), salah satu pengusaha rental mobil Dava Car, mengatakan, minat masyarakat menyewa mobil untuk kendaraan mudik lebaran tahun ini turun jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Saya punya tiga titik rental mobil di Bekasi. Pertama di Wisma Asri, Kedua di Pondok Ungu dan Ketiga di Tambun. Tahun ini semuanya semuanya turun,” kata Rino, kepada beritatrans.om dan bekasibusiness.com, Rabu (08/07/2015).

Diceritakan Rino, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya pada dua minggu sebelum lebaran dirinya sudah mampu mengeluarkan enam sampai tujuh mobil yang di sewa dalam perhari. “Pada tahun ini hanya mencapai dua sampai tiga saja,” ungkap pria yang asli Bekasi ini.

Ia memprediksi, kondisi ini terjadi karena banyaknya dealer penjualan mobil baru maupun bekas yang menawarkan uang muka murah akibat kondisi ekonomi sekarang. “Jadi kalau sekarang, keluarga yang ingin mudik kekampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi. Mereka milih beli mobil, karena dpnya ringan,” ujarnya.

Pengusaha Bekasi Mitra Rental, Hasbih (45), yang mengatakan bahwa, usaha penyewaan mobil yang digelutinya sejak tahun 2010 baru mengalami penurunan pada tahun ini. “Tahun ini paling sedikit para keluarga yang menyewa mobil di sini. Enggak tahu mendekati lebaran nanti,” pungkasnya. (ael)