Angkasa Pura 2

Antisipasi Kendaraan Membludak, Pertamina Jawa Tengah Siapkan BBM Kemasan Di Pintu Tol Pejagan

KoridorKamis, 9 Juli 2015

JAKARTA (beritatrans.com) — PT Pertamina MOR IV Jawa Tengah menyiapkan langkah antisipasi membludaknya kendaraan di pintu keluar tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya di pintu keluar tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Antisipasi itu dengan menyiapkan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) kemasan serta adanya SPBU kantong di tiap pintu keluar tol yang dilewati para pemudik.

“Selain di exit tol Pejagan, kita juga standby atasi BBM cadangan di pintu keluar tol darrurat Pejagan-Brebes Timur yang menjadi jalur alternatif pasca pintu keluar tol Cipali, ” kata External Relation PT Pertamina MOR IV, Reno, di Semarang, Kamis (9/7/2015).

“Selain di exit tol Pejagan, kita juga standby atasi BBM cadangan di pintu keluar tol darrurat Pejagan-Brebes Timur yang menjadi jalur alternatif pasca pintu keluar tol Cipali.”

Menurutnya, kesiapan itu khususnya adalah SPBU kantong dan Pertamax kemasan di masing-masing pintu keluar tol darurat itu.

Di wilayah itu telah disipakan sebanyak 60 tabung Pertamax kemasan dengan ukuran 1 liter, 5 liter, dan 10 liter.

“Jenis Pertamax kemasan itu bisa mempercepat waktu pembelian dan juga bisa untuk cadangan dalam perjalanan,”

Dibandingkan 2014 lalu, persiapan Pertamax yang disediakan itu meningkat 469 persen. Menurut Reno, jumlah pertamax kemasan itu masih sangat memungkinkan adanya penambahan seiring besarnya permintaan saat mudik.

Ada 12 SPBU kantong yang disiapkan di jalur pantura yaitu di Batang, Pemalang, Pati, Tegal, Brebes, Pekalongan, Rembang dan Grobogan.

Kemudian tiga SPBU kantong di jalur tengah yakni Kabupaten Semarang, Magelang dan Boyolali. Sembilan lainnya di jalur selatan yaitu di Brebes, Banyumas, Sragen, Kulon Progo, Wonogiri, Sukoharjo, dan Gunung Kidul.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela-sela tinjauan di terminal BBM wilayah Pengapon Semarang menyatakan, secara umum stok BBM yang ada di wilayah Jawa Tengah cukup untuk memenuhi kebutuhan Lebaran nanti.

Bahkan berdasarkan pengamatan dan koordinasinya dengan PT Pertamina telah melakukan antisipasi untuk hal-hal terburuk yang terjadi. “Saya cek, Pertamina sangat siap. Masyarakat tenang saja, ” ujar Ganjar seperti dilansir viva.co.id.

“Saya cek, Pertamina sangat siap. Masyarakat tenang saja.”

Menanggapi antisipasi distribusi BBM akibat operasional tol Cipali yang berdampak signifikan di Brebes Jawa Tengah, Ganjar telah meminta untuk mengoptimalkan SPBU kantong di wilayah itu.

“Utamanya di titik kemacetan pintu keluar jalan tol Pejagan-Pemalang di Kabupaten Brebes dengan menyediakan SPBU kantong,” ujar Ganjar.

Selain itu, antisipasi BBM cadangan dan SPBU kantong ini juga diminta dioptimalkan di titik rawan kemacetan dan rawan bencana. Dari data Pertamina, daerah rawan kemacetan ini berada di Kota Semarang tepatnya di Pantura ruas Krapyak, ruas Pantura Kabupaten Batang, Ruas Genuk (Kota Semarang)-Kabupaten Demak dan Welahan (Kabupaten Jepara).

Sedangkan daerah rawan bencana yaitu di jalur Weleri Barat di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal dan jalur di Kabupaten Semarang yaitu Ambarawa -Bandungan-Kecamatan Sumowono.(fenty)

loading...