Angkasa Pura 2

Pengguna KA Naik 9%

Infrastruktur dan Jaringan KA Siap Layani Arus Mudik

EmplasemenKamis, 9 Juli 2015
Kereta Api eksekutif

JAKARTA (beritatrans.com) – Seluruh infarstruktur kereta api (KA) di Indonesia siap dilalui arus mudik Lebaran tahun 2015. Mulai armada KA, jaringan rel, signal sampai antisipasi kondisi darurat seperti banjir, longsor dan lainnya sudah disiapkan.

“Kita berharap, cuaca bersahabat dan perjalanan arus mudik melalui KA lancar dan selamat. Kendati begitu, seluruh personel Ditjen Perkeretaapian dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah siap di lapangan. Mereka siap melayani masyarakat termasuk antisipasi kondisi darurat,” kata Koordinator Posko Ditjen Perkeretaapian di Posko Angkutan Lebaran Terpadu Nasional Tahun 2015 di Kementerian Perhubungan, Dedy Cahyadi kepada beritatrans di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Menurutnya, untuk KA jalur utara Jawa misalnya, jauh lebih baik. Saat ini sudah double track dari Jakarta sampai Surabaya. Demikian juga untuk jalur tengah dan jalur selatan Jawa, semua siap. “Titik-titik tertentu yang biasa terjadi gangguan seperti banjir, longsor dan lainnya sudah diantisipasi dengan baik,” jelas Dedy.

Saat ini alat-alat berat termasuk personel teknik sudah siap di lapangan. Mereka siap bekerja 24 jam bahkan meski tidak bisa merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. “Kami tak boleh libur atau cuti sejak 2 sampai 27 Juli 2015. Kita harus siap melayani konsumen yaitu masyarakat Indonesia,” papar Dedy menjawab beritatrans.com.

Pengguna Moda angkutan KA pada musim mudik Lebaran 2015 akan meningkat 9% dmbanding tahun lalu. Menurut istilah Menhub Ignasius Jonan, moda KA akan mengalami peningkatan tertinggi dibanding moda transportasi lain seperti darat, dan udara.

Bukan hanya itu, Jonan juga meminta layanan KA ke masyarakat harus lebih baik dan memuaskan. Mantan Dirut KAI itu menambhakan, manajemen KAI jangan takut merugi kalau untuk meningkatkan pelayanan. “Jika pelayanan KA baik, maka animo masyarakat untuk naik KA juga makin tinggi. Ini yang harus dilakukan KAI,” pesan Jonan.

Dedy menambahkan, jika nanti ada kendala di lapangan saat arus mudik atau balik Lebaran, pihaknya optimi bisa menangani dengan baik. “Dengan kerja profesional serta team work yang bagus serta dukungan masyarakat semua, kita yakin semua bisa dilayani dengan baik. Jika ada masalah, tentu akan lebih mudah diatasinya,” tegas dia.(helmi)

loading...