Angkasa Pura 2

KA Prameks Layani Rute Solo-Prembun Tiga Kali

EmplasemenKamis, 9 Juli 2015
KA Pramex

YOGYAKARTA (beritatrans.com) – Kereta komuter Prambanan Ekspres (Prameks) melayani rute baru yaitu Solo Balapan-Prembun sebanyak tiga kali perjalanan pulang pergi setiap hari sesuai jadwal yang dikeluarkan PT KAI per 7-27 Juli.

“Kereta sudah dioperasionalkan mulai Selasa (7/7/2015) untuk memenuhi permintaan dari masyarakat Prembun dan sekitarnya,” kata Manager Corporate Communications PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko di Yogyakarta, Rabu (8/7/2015).

KA Prameks relasi Solo Balapan-Prembun tersebut diberangkatkan pukul 04.30 WIB dari Stasiun Tugu Yogyakarta dan tiba di Prembun pukul 05.49 WIB. Kereta kembali diberangkatkan dari Prembun pukul 06.00 WIB dan tiba di Solo Balapan pukul 08.50 WIB.

Sedangkan dari Solo Balapan, kereta diberangkatkan pukul 05.15 WIB dan tiba di Prembun pukul 07.57 WIB, berangkat kembali dari Prembun pukul 08.35 WIB tiba di Solo Balapan pukul 11.18 WIB.

Dari Solo Balapan, kereta kembali diberangkatkan pukul 16.10 WIB tiba di Prembun pukul 18.45 WIB dan diberangkatkan dari Prembun pukul 19.05 WIB tiba di Solo Balapan pukul 21.38 WIB.

Kereta komuter tersebut dijadwalkan berhenti di beberapa stasiun seperti Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Klaten, dan Purwosari. “Untuk operasional awal, kereta masih akan berhenti di Stasiun Kutoarjo. Masih banyak warga yang menunggu di stasiun tersebut,” katanya.

Saat ini, kondisi Stasiun Kutoarjo dinilai tidak terlalu luas dan hampir semua kereta berhenti di stasiun tersebut sehingga kondisinya selalu padat. “Oleh karena itu, ke depan kereta komuter tidak akan berhenti di Kutoarjo tetapi dari Stasiun Jenar langsung ke Prembun,” katanya.

Tarif yang dikenakan kepada penumpang tujuan Solo Balapan-Prembun tetap sama yaitu Rp15.000 per penumpang sekali jalan.

“Okupansi di awal perjalanan ini belum terlalu ramai, masih sekitar 25 persen kursi terisi dari Prembun. Penumpang baru ramai dari Kutoarjo,” tegas Gatut.(hel/ant)