Angkasa Pura 2

Polda Metro: Fly Over Semanggi Kurangi Kepadatan

Aksi Polisi KoridorKamis, 9 Juli 2015
tmp_7174-macet-mudik906116380

JAKARTA (beritatrans.com) — Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin mengaku, setuju dengan ide pembangunan fly over di kawasan jembatan Semanggi.

“Pada intinya saya setuju mengenai ide tersebut,” ujar Risyapudin kepada VIVA.co.id di Mapolda Metro Jaya.

Risyapudin beranggapan, pembangunan fly over di kawasan Semanggi nanti setidaknya mengurangi kepadatan di wilayah tersebut.

“Walaupun tidak sepenuhnya menghilangkan kemacetan tetapi setidaknya pembangunan fly over tersebut mengurangi kepadatan,” kata Risyapudin.

Namun, Risyapudin mengatakan, Polda Metro Jaya belum mendapatkan kepastian dengan proyek pembangunan fly over tersebut. “Sampai saat ini belum masuk ke sini (Polda Metro Jaya), tetapi kalau memang jadi kita sangat menyetujui,” kata Risyapudin.

“Walaupun tidak sepenuhnya menghilangkan kemacetan tetapi setidaknya pembangunan fly over tersebut mengurangi kepadatan.”

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk membangun dua jalan layang atau fly over di atas Bundaran Semanggi dalam rangka menambah ruas jalan di wilayah ibukota.

Pembangunan dua flyover tersebut dilakukan untuk memisahkan dua ruas jalur kendaraan yang melintas, yakni di ruas Jalan Senayan-Cawang dan Grogol-Kebayoran Baru.

Tujuan pembangunan fly over tersebut, yaitu menyederhakan arus lalu lintas di kawasan Semanggi, terutama di kawasan Jalan Senayan Ratu Plaza ke arah Cawang dan ruas Jalan Grogol menuju Kebayoran Baru.

Rencananya pembangunan dua fly over tersebut telah dibahas bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dan hingga kini pihaknya juga masih mengurus perihal basic design fly over yang diperkirakan memakan biaya mencapai Rp600 miliar.(fenty)