Angkasa Pura 2

Litbang Perhubungan Baru Punya Satu Drone

LitbangJumat, 10 Juli 2015
tmp_11536-kepala-balitbang-elly_20150709_161434-1940591915

JAKARTA (beritatrans.com) — Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan Elly Adriani Sinaga telah melakukan uji coba pesawat tanpa awak atau drone untuk memantau arus mudik Lebaran 2015.

Meski baru ujicoba, drone diharapkan bisa memberikan bantuan bagi pemerintah dalam memantau arus mudik Lebaran.

Menurut Elly, alat Drone tersebut mampu membantu kinerja Kemenhub untuk memantau operasi masa arus mudik lebaran tahun 2015.

Pasalnya, Kemenhub tidak lagi memerlukan bantuan helikopter untuk melihat kondisi arus mudik.

“Melalui Drone ini kami bisa melihat secara keseluruhan di wilayah tersebut.”

“Melalui Drone ini kami bisa melihat secara keseluruhan di wilayah tersebut. Jadi tidak perlu lagi memakai helikopter dan bantuan media untuk memantau lalu lintas.”

Petugas Litbang nantinya akan mengendalikan drone pada titik macet arus mudik dan arus balik Lebaran 2015. Saat ini, Litbang baru membeli satu unit drone.

Drone yang dibeli Litbang Kemenhub ini akan dijadikan acuan bagi Kemenhub memberikan rekomendasi kepada petugas Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan juga pihak Kepolisian yang bertugas untuk mengurangi kemacetan.

Drone atau pesawat tanpa awak merupakan alat pertahanan canggih yang ada saat ini.

“Teknologi penginderaan jauh menggunakan “drone” atau pesawat tanpa awak yang diyakini lebih hemat dari sisi anggaran operasionalnya.”

Drone tercanggih di dunia saat ini masih diproduksi Amerika Serikat (AS) dengan harga yang cukup mahal. Diketahui drone buatan AS ini harganya bisa Rp3 triliun/unit.

Indonesia juga sudah bisa memproduksi drone. Teknologi penginderaan jauh menggunakan “drone” atau pesawat tanpa awak yang diyakini lebih hemat dari sisi anggaran operasionalnya.

Penggunaan “drone” UAV relatif lebih murah dibanding foto udara menggunakan satelit.

Drone atau Unmanned Aeral Vehicle (UAV) dapat digunakan untuk pemetaan wilayah, pemetaan perikanan, pertanian dan juga kehutanan.(fenty)

loading...