Angkasa Pura 2

Bandara Soetta Paling Sibuk

PT Angkasa Pura II Siap Menyambut Arus Mudik Di 12 Bandara

BandaraJumat, 10 Juli 2015
Peta Bandara Soetta

TANGERANG (beritatrans.com) – PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan pergerakan penumpang di 12 bandara yang dikelola perusahaan pada H-7 hingga H+7 meningkat sekitar 1,68% menjadi 4,125 juta penumpang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
 
Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara tersibuk dengan pergerakan penumpang diprediksi mencapai 2,718 juta penumpang atau naik sekitar 2%. Jumlah tersebut merefleksikan lebih dari 50% pergerakan di seluruh bandara.
 
President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, “Kami akan memastikan layanan terbaik kepada masyarakat di tengah lonjakan volume penumpang dalam waktu bersamaan, khususnya di Bandara Soetta yang akan menjadi referensi kesuksesan angkutan Lebaran moda transportasi udara di Indonesia.”
 
“Sebagai antisipasi menghadapi tingginya pergerakan penumpang di Bandara Soetta, kami selalu berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lain supaya pemudik tetap merasa nyaman dan operasional bandara berjalan lancar,” tambah Budi Karya.
 
Sejumlah persiapan telah dilakukan PT Angkasa Pura II di Bandara I Soetta dalam menyambut pemudik, antara lain:
 
1.   Berkoordinasi dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan terkait manajemen lalu lintas guna menjamin kelancaran akses menuju dan dari bandara.

2.    Menambah titik muat taksi guna mempercepat ketersediaan taksi bagi pemudik serta berkoordinasi dengan Damri untuk penambahan 20 unit bus.

3.    Menambah kapasitas parkir inap sebanyak 250 lot dan menambah jumlah petugas parkir sebanyak 30 orang.

4.  Berkoordinasi dengan pihak ground handling untuk menambah petugas penanganan bagasi sebanyak 200 orang guna memperpendek waktu tunggu menjadi 30 menit.

5.  Menyiagakan sebanyak 500 personil TNI/Polri untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban di bandara termasuk meredam operasional taksi gelap.

6.   Menambah sebanyak 570 kursi bagi para pengguna jasa bandara atau penumpang pesawat di Terminal 1 dan 2.

7.  Memastikan kebersihan di seluruh area bandara terutama di toilet sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat.

8.  Menambah sebanyak 1.000 trolley baru guna mempermudah pemudik membawa barang bawaan.

9. Menyiagakan sebanyak 36 petugas customer service mobile yang dilengkap dengan roller blade guna secaracepat merespon keluhan, pertanyaan, atau memberi bantuan kepada para pemudik di bandara
 
PT Angkasa Pura II mendirikan Posko Lebaran di 3 lokasi yakni Posko Utama di Terminal 1, dan posko di Terminal 1B, Terminal 2F, dan Terminal 3.
 
Personil yang terlibat di posko tersebut adalah petugas Data Statistik Bandara sebanyak 25 orang, lalu Terminal Operation Services sebanyak 30 orang, Pramuka Siaga Umum sebanyak 87 orang, Sentra Operasi Terminal sebanyak 22 orang. Petugas informasi sebanyak 63 orang, dan dari aviation security atau avsec sebanyak 306 orang.
 
“Bagi pemudik atau masyarakat yang memiliki pertanyaan, keluhan, atau membutuhkan solusi atas permasalahan seputar bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) juga dapat menghubungi contact center 1500138, twitter di @contactap2, dan facebook AP II Contact Center,” tegas Budi Karya.(helmi)

loading...