Angkasa Pura 2

Mudik Gratis Termasuk Pengguna Sepeda Motor Mulai Dilepas Bertahap Dari Jakarta Sabtu Pagi

Dermaga Emplasemen KoridorSabtu, 11 Juli 2015
Mudik motor gratis

JAKARTA (beritatrans.com) – Mudik gratis pada masa Lebaran 2015 dari Jakarta ke sejumlah kota di Indonesia mulai diberangkatkan, Sabtu (11/7/2015) dan Minggu (12/7/2015).

Sejumlah perusahaan BUMN dan swasta serta instansi pemerintah menyiapkan bus gratis untuk mudik bareng. Polda Metro Jaya mencatat, sampai saat ini, ada 19 perusahaan dan instansi yang siap memberangkatkan pemudik dengan berbagai moda transportasi dari Jakarta.

“Jadi bukan hanya bus, tetapi kereta dan kapal juga ada yang menyediakan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin Nursin kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.

Risyapudin mengatakan, kendaraan mudik gratis disediakan perusahaan sebagai bentuk CSR perusahaan. Tujuannya, untuk mengurangi tingkat kecelakaan selama mudik lebaran. “Sasaran mudik gratis ini roda dua, ini yang kita antisipasi, untuk menghindari kecelakaan,” ungkapnya.

Bus Mudik Gratis MTI

Dari 19 perusahaan yang menyediakan transport gratis untuk mudik ini akan memberangkatkan puluhan ribu orang dengan tujuan, Sumatera dan Jawa. Berikut beberapa perusahaan yang menggelar mudik gratis dan jadwalnya:

1. PT Yamaha Motor Manufacturing, berangkat pada Sabtu 11 Juli pukul 06.00 sebanyak 30 bus untuk mengangkut 1.500 orang, dengan tujuan Semarang dan Jogja.

2. PT Jasa Raharja, melepas 435 bus dan 3 rangkaian kereta api pada Sabtu (11/7) di Parkir Timur Senayan dengan total penumpang 24.400 orang ke 34 kota. Acara ini rencananya akan dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Gubernur DKI, Menteri BUMN dan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian. 

3. Bank Tabungan Negara, memberangkatkan 153 bus untuk 7.700 orang ke Jawa Tengah pada Minggu (12/7) pukul 07.30 di Parkir Senayan. Kegiatan mudik gratis ini rencananya akan dilepas Presiden RI Joko Widoddo, Menteri BUMN dan Kapolda Metro.

4. PT Sido Muncul menyiapkan 220 bus untuk 14 ribu orang tujuan Kuningan, Cirebon, Tegal, Solo, Yogya, Wonogiri. Mudik gratis rencananya dilepas Gubernur DKI, Menhub, dan Wakapolda Metro pada Minggu (12/7) pukul 08.00 WIB di Parkir Senayan. 

Selanjutnya, informasi dari Puskom Publik Kemenhub, pelepasan mudik gratis dengan kapal bagi pengedara sepeda motor akan dilakukan oleh Menhub Ignasius Jonan pada hari Sabtu (11/7/2015) jam 15.00 wib di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.(helmi)