Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla Bicara Mudik Lebaran di Metro TV dan TVRI

DermagaSenin, 13 Juli 2015
Bobby 2

JAKARTA (beritatrans.com) – Detik-detik terakhir masa angkutan mudik Lebaran 2015 yang diperkiran jatuh pada Jumat (17/7/2018) kesibukan Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan Capt. Bobby R Mamahit semakin meningkat. Kegiatan pemantauan dan pengawasan angkutan mudik lebaran dengan kapal laut di berbagai pelabuhan terus dilakukan sejak pagi hari hingga tengah malam.

Di sela-sela melakukan peninjauan ke pelabuhan-pelabuhan di seluruh pelosok tanah air, Bobby juga selalu menyempatkan diri menyampaikan informasi ke masyarakat melalui berbagai saluran informasi, termasuk media massa baik cetak maupun elektronik seperti radio dan televisi.

Berdasarkan informasi dari Humas dan Kerjasama Luar Negeri (KSLN) Ditjen Hubla, hari ini, Senin (13/7/2015), Ditjen Hubla tidak hanya melakukan pemantauan kesiapan angkutan lebaran ke lapangan, tetapi juga menyampaikan informasi dan sosialisasi pelaksanaan angkutan lebaran moda laut melalui Metro TV dan TVRI.

Di Metro TV, Capt. Bobby ditemani Direktur Utama PT Pelni Elfien Goentoro menjelaskan tentang kesiapan angkutan laut melayani para pemudik yang menggunakan kapal laut secara langsung (live) pada pukul 09.30 WIB hingga 10.00 WIB.

Pada kesempatan itu Capt. Bobby menegaskan bahwa moda laut siap menyukseskan program mudik Lebaran 2015. Persiapannya telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dengan memperbaiki dan meningkatkan berbagai fasilitas di pelabuhan-pelabuhan, baik dari sisi keselamatan, keamanan, dan pelayanan terhadap penumpang di tereminal-terminal pemberangkatan.

Sedangkan untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran selama di perjalanan, Ditjen Hubla juga telah mengerahkan tim marine inspector untuk melakukan inspeksi atau uji petik terhadap kapal-kapal yang beroperasi di 13 pelabuhan yang selalu menjadi tempat arus mudik Lebaran.

Pada kesempatan itu, Capt. Bobby juga mengatakan bahwa minat masyarakat untuk mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah melalui kapal laut semakin tinggi. Ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah pemudik gratis dengan kapal laut dari tahun ke tahun. Ketika program mudik gratis dengan kapal laut dilaksanakan pertama kali tahun 2012, realisasi peserta mudik gratis masih 1.307 sepdea motor dan 2.448 orang. Kemudian realiasasinya meningkat pada tahun 2013 menjadi 3.680 motor dan 6.770 orang. Realisasi pada tahun 2014 juga kembali meningkat cukup tajam yaitu 5.169 motor dan 11.695 orang. Realisasi pemudik gratis tahun 2015 ini juga diyakini meningkat tajam karena jumlahnya telah mencapai dua kali lipat dari realisasi tahun 2014.

Di Stasiun TVRI, Capt. Bobby bersama Dirut PT Pelni Elfien Goentoro juga akan melakukan siaran langsung pada pukul 11.00 WIB dengan materi yang sama, yakni kesiapan penyelenggarkaan angkutan lebaran moda laut. (aliy)