Angkasa Pura 2

Gunung Raung Kembali Erupsi, Bandara Juanda Ditutup

Bandara KokpitKamis, 16 Juli 2015
Garuda-Indonesia-737-800780x390

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan sebagai otoritas penerbangan sipil nasional kembali menutup Bandara Juanda Surabaya, menyusul erupsi Gunung Raung di Bondowoso. Semburan debu vulkanik dari gunung berapi itu dinilai sudah membahayakan penerbangan di beberapa bandara di sekitarnya. Sedikitnya 48 penerbangan Garuda Indoensia dari dan menuju ke Surabaya dibatalkan.

“Bandara Juanda ditutup dari aktivitas penerbangan karena semburan debu vulkanik akibat erupsi Gunung Raung,” kata Kepala Puskom Publik Kementerian Perhubungan JA.Barata di Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Menurutnya, Bandara Juanda Surabaya kembali ditutup dari aktivitas penerbangan karena aktivitas erupsi Gunung Raung di Bondowoso. “Dengan alasan keselamatan, maka Bandara Juanda Surabaya ditutup. Harap menjadikan periksa bagi semua pihak yang berkepentingan. Bandara Juanda sampai 19.20 WIB,” katanya dalam suiaran per itu.

Sebelumnya sudah ditutup Bandara Belimbingsari di Banyuwangi dan Bandara Jember dan malang menyusul ditutup pula. “Sejak jam 13.00, Bandara Juada ditutup karena dinilai membahayakan keselamatan penerbangan,” papar Barata.

48 Penerbangan Garuda Dibatalkan

Manajemen PT Garuda Indonesia, Tbk mengimbau para penumpang penerbangan dengan tujuan Bandara Juanda Surabaya yang rencananya akan terbang pada Kamis (16/7/2015) siang dan malam agar tidak berangkat. Bandara Juanda ditutup sejak jam 13.00 WIB menyusulkan aktivitas erupsi Gunung Raung yang mengganggu keselamaatan penerbangan.

Pelaksana Harian Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan pembatalan penerbangan dari dan menuju Surabaya dilakukan menyusul terbitnya perintah penutupan Bandara Juanda Surabaya.

Sampai saat ini, lanjut Ikhsan, ada 48 penerbangan dari dan menuju Surabaya yang terpaksa dibatalkan. Sementara itu, penerbangan dari dan menuju Malang tidak terdampak karena dilaksanakan pada Kamis pagi sebelum terbitnya informasi penutupan bandara.

“Jadi penumpang yang sudah memegang tiket dan rencananya akan berangkat ke Surabaya hari ini, khususnya siang dan malam diharapkan tidak menuju ke bandara,” ujar Ikhsan.

Pihak Garuda, katanya akan melakukan berbagai penanganan salah satunya dengan cara mengembalikan biaya tiket yang sudah dibeli atau refund secara utuh.(helmi)