Angkasa Pura 2

Menhub Jonan: Moda Darat Tantangan Terbesar Arus Balik

Bandara Dermaga Emplasemen KoridorKamis, 16 Juli 2015
Jonan...

BATAM (beritatrans.com) – Moda angkutan darat menjadi tantangan paling besar dalam arus balik Lebaran 2015/1436 H. Banyak aspek yang memengaruhi agar moda darat mendapat perhatian lebih dibandingkan moda-moda lainnya.

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di sela-sela peninjauan kesiapan angkutan Lebaran 2015 di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (16/7/2015).

“Moda laut, udara, dan kereta api relatif tidak terlalu riskan karena biasanya penumpang membeli tiket pulang pergi,” kata Jonan yang didampingi Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit, Dirjen Perhubungan Darat Djoko Sasono, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Sahattua P Simatupang, dan Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Batam Gajah Roeseno.

Sedangkan penumpang moda darat seperti bus biasanya hanya membeli tiket satu jalan, sehingga riskan menimbulkan persoalan di lapangan.

Salah satu persoalan yang masih sering terjadi adalah kecelakaan di jalan raya. Meskipun menurut Menhub jumlahnya menurun dibandingkan dengan periode yang sama Lebaran Tahun 2014, tetapi tetap saja menimbulkan kepihatinan.

“Untuk menekan angka kecelakaan itu, kami sudah melakukan koordinasi yang lebih intensif dengan Polri, Jasa Marga, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Daerah, dan stake holder lainnya,” ujar Jonan. (aliy)