Angkasa Pura 2

Karina, Taruni STTD Bekasi

Taruna STTD: Banyak Yang Bisa Kami Pelajari Di Pokso Angkutan Lebaran

SDMKamis, 16 Juli 2015
Karina STTD

JAKARTA (beritatrans.com) – Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi tak pernah absen dalam pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran Nasional di Kementerian Perhubungan Tahun 2015. Pada tahun ini, sedikitnya dua taruna atau taruni ikut terlibat dalam posko, khususnya di Stand Ditjen Perhubungan Darat.

Pantauan beritatrans.com di Posko Angkutan Lebaran 2015, Rabu (15/7/2015) dua taruni jurusan DLLAJ dan Transportasi Darat STTD bertugas di Stand Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub. Posko ini berfungsi untuk memantau dan mengoordinasikan semua kegiatan mudik terutama jika terjadi sumbatan-sumbatan yang berpotensi menghambat perjalanan arus mudik di berbagai daerah di Tanah Air.

Karina, salah satu taruni STTD itu bertugas di Posko Angkutan Lebaran tahun 2015. Bersama temannya, Karina, taruni asal Bekasi Jawa Barat bertugas membantu petugas di Posko Angkutan Lebaran di shift I.

“Kami mulai ditugaskan di Posko Angkutan Lebaran sejak H-7, setelah masa perkuliahan berakhir. Jadi, taruna dilibatkan tanpa mengganggu proses belajar mengajar di kampus,” papar Karina menjawab beritatrans.com.

Posko Angkutan Lebaran dibuka sejak H-15 Lebaran, tapi kerjanya ditingkatkan sejak H-7 Lebaran. Termasuk pelibatan taruna transportasi dari berbagai moda seperti STTD, STIP dan STPI. “Banyak pengalaman baru kami peroleh selama bertugas di Pokso,” aku Karina.

Yang jelas, para taruna-taruni bisa mengaplikasikan bahkan mengembangkan ilmu dan pengalaman yang kami pelajari di kampus. “Setelah masuk ke Posko Angkutan Lebaran, banyak yang kami dapatkan. Semua itu hanya bisa didapatkan di posko dengan bergaul, berinteraksi dengan petugas lain sekaligus ikut membantu memecahkan masalah yang timbul di lapangan,” sebut Karina.

Dia menambahkan kebijakan Kampus STTD menjelang Lebaran semua kegiatan perkuliahan libur. Tapi, bagi taruna yang berdmisili di daerah Jabodetabek mendapatkan tugas membantu pelaksaan Posko Angkutan Lebaran.

“Sementara, taruna yang libur dan pulang ke kampung halaman juga ditugaskan posko daerah masing-masing. Dimanapun kita ditugaskan dan membantu apapun pada prinsipnya kita siap. Sebagai taruna harus banyak belajar, dan mengamalkan ilmu ke masyarakat,” tandas Karina.(helmi)