Angkasa Pura 2

Rayakan Lebaran, Pelaut Pelni Sholat Ied Di Atas Kapal

Dermaga SDMJumat, 17 Juli 2015
Akhmad Sujadi

JAKARTA (beritatrans.com) – Para Pelaut Pelni yang sedang tugas berlayar menyelenggarakan sholat Idul Fitri di atas kapal karena posisi kapal sedang berlayar di tengah lautan. “Para ABK dan penumpang menjadi makmum sholat ied di kapal masing-masing,” kata Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi kepada beritatrans.com di Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Kapal merupakan kendaraan satu-satunya yang dapat menyelenggarakan sholat ied di atas kendaraan, seluruh kapal Pelni dilengkapi Masjid dan ada dewan kemakmuran masjid (DKM).

“Para ABK beberapa orang alumni Pondok Pesantren sehingga mampu berkhotbah,” kata Sujadi lagi.

Masjid di atas kapal tipe 2.000 pax dapat menampung sekitar 80 jamaah. Kapal tipe 1000 pax dapat menampung 50 jamaah. Dan Kapal tipe 500 dapat menampung 30 jamaah.

“Bila jamaahnya banyak sholat Ied dapat diselenggarakan di Top Dek yang bisa menampung 500 orang,” sebut Sujadi.

Sementara, kapal-kapal yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri di atas kapal diantaranya’ KM. Tidar dalam pelayaran Surabaya-Makasar-. KM. Tidar yang dinakhodai Capten Muhamad Djuhari ini berlayar dari Tanjungpriok-Surabaya-Makasar-Baubau-Ambon-Bandanaira-Tual-Dobo-Fakfak.

KM. Ciremai dalam perjalanan Baubau-Makasar. KM. Dorolonda dalam pelayaran Nabire-Biak. KM. Sinabung dalam pelayaran Ternate-Ambon, KM. Kelud di Belawan. KM. Lambelu dalam pelayaran Pantoloan-Nunukan. KM. Bukit Siguntang dalam pelayaran Maumere-Loweleba.

KM. Tatamailau dalam pelayaran Kaimana-Sorong dan masih ada 6 kapal yang menyelenggarakan sholat ied di atas kapal.(helmi)