Angkasa Pura 2

Djoko Setijowarno

Pemerintah Harus Usut Tuntas Laka Lantas Selama Arus Mudik Lebaran

Figur KoridorSabtu, 18 Juli 2015
djoko unika SMG

SEMARANG (beritatrans.com) – Kepala Laboratorium Transportasi Universitas Katholik Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan langkah itu akan menjadi pintu bagi solusi bagi peliknya permasalahan transportasi umum. Oleh karena itu, Pemerintah diminta untuk mengusut tuntas kasus kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa dan disinyalir karena kendaraan tidak laik jalan selama arus mudik 2015.

Dia menilai upaya tersebut akan menyibak relasi transaksional yang umum terjadi antara regulator dengan penyedia jasa swasta. “Mengurai benang kusut transportasi umum tidak mudah dilakukan. Harus diusut tuntas kasus-kasus kecelakaan bus di Tol Cipali, jalur selatan, Salatiga dengan korban meninggal cukup banyak,” ujarnya kepada Bisnis, di Semarang, Jumat (17/7/2015).

Djoko menuturkan dalam kasus Bus Rukun Sayur yang mengalami kecelakaan di ruas tol Palikanci (Palimanan-Kanci atau Cikampek-Palimanan/Cipali), penyelidikan seharusnya tidak hanya berhenti pada sopir sebagai pelaku tunggal.

Menurut pakar transportasi itu, kelalaian sebagai pemicu kecelakaan tidak terlepas dari oknum pemerintah dan pengusaha jasa transportasi. “Diusut tuntas hingga oknum pemerintah atau oknum pengusaha yang lalai, jangan hanya sopir jadi pelaku tunggal,” tegasnya.

Seperti diketahui, kecelakaan maut yang menimpa bus dengan trayek reguler Solo-Tawangmangu terjadi pada Rabu, (14/78/2015), dan menewaskan 11 penumpangnya.

Ironisnya, bus tersebut tengah melayani angkutan penumpang dari Jakarta menuju Jawa Tengah atau berada di luar trayeknya. Selain itu, belakangan diketahui bus tersebut dikemudikan keneknya.(zal/bisn)