Angkasa Pura 2

BMKG: Beberapa Daerah Di Indonesia Berpotensi Terjadi Gelombang Laut Tinggi

DermagaSenin, 20 Juli 2015
kapal-pelni

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat beberapa daerah di Indonesia berpotensi terjadi gelombang laut antara 3-4 meter dan perlu diwaspadai khususnya bagi transportasi laut di Indonesia. Kendati begitu, seluruh moda transportasi laut harus dipastikan aman dan laik laut termasuk saat arus balik Lebaran 2015.

Data yang dihimpun di Posko BMKG di Posko Angkutan Lebaran Nasional Kementerian Perhubungan, Minggu (19/7/2015) malam menyebutkan, sejumlah daerah yang berpotensi terjadi gelombang laut cukup tinggi itu antara lain di Laut Andaman, perairan utara dan barat Sabang Aceh, perairan Kepulauan Sermata, perairan Kepulauan Barbar dan Kepulauan Tanimbar.

Selain itu, ombak tinggi berpotensi terjadi juga di perairan Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru, Maluku Tenggara. Selanjutnya ombak tinggi akan terjadi di perairan selatan Yos Sudarso-Merauka dan Laut Arafuru.

Selain itu, menurut data BMKG arah dan kecepatan angin serta gelombang laut masih bersahabat atau kurang dari 2 meter. Termasuk beberapa perairan yang menjadi fokus pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2015 seperti perairan Batam dan Belawan, Selatan Karimata dan Laut Jawa serta Selat Sulawesi.

Sebelumnya Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan JA Barata menyebutkan, moda angkutan laut tercatat paling kecil mengangkut penumpang balik Lebaran. “Seluruh penumpang kapal laut terutama yang dilayani dengan kapal PT Pelni bisa dilayani dengan baik, bahkan ketepatan waktunya cukup bagus,” katanya di Jakarta, kemarin.

Pada H+1 Lebaran, lanjut Barata, tercatat jumlah penumpang kapal laut mencapai 30.597 orang. Sedang total penumpang kapal laut dari H-15 samai H+1 Lebaran tercatat sebanyak 780.763 orang.

“Penumpang kapal laut ini terkonsentrasi di beberapa daerah seperti Batam, Bintan, Belawan, Kijang, Tanjung Priok, Sampit, Banjarmasin, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar,” tegas Barata.(helmi)

loading...